Penulis Utama : Sri Wulandari Setyawati
NIM / NIP : H0712172
×

ABSTRAK

Selada merupakan salah satu sayuran yang mempunyai prospek pasar yang menjanjikan. Permintaan pasar yang terus meningkat tidak diimbangi dengan peningkatan produksi sayuran selada. Kendala yang dihadapi adalah kurangnya lahan serta kualitas yang kurang memadai. Salah satu cara menanggulangi kendala tersebut adalah dengan budidaya selada secara hidroponik substrat. Substrat yang berpotensi digunakan dalam budidaya secara hidroponik adalah limbah serat aren. Hidroponik berkaitan erat dengan media dan larutan nutrisi. Larutan nutrisi berperan sebagai sumber hara untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Penelitian ini bertujuan mengetahui interaksi antara media serat aren dengan nutrisi.
Penelitian dilaksanakan di rumah kaca dan screen house Fakultas Pertanian UNS pada bulan Agustus-November 2016. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua faktor yaitu ukuran serat aren dan nutrisi. Faktor pertama yaitu ukuran serat aren terdiri dari 3 taraf yaitu panjang serat 1 (12,97 ± 3,73 cm), panjang serat 2 (8,91 ± 2,14 cm), dan panjang serat 3 (6,26 ± 1,67 cm). Faktor kedua adalah jenis nutrisi yang terdiri dari 4 taraf yaitu nutrisi AB mix EC 2 mS/cm, AB mix EC 3mS/cm, AB mix tanpa CaNO3 dan NPK+air keran. Data dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA) dan uji lanjut DMRT (Duncan Multiple Range Test) taraf 5% serta uji korelasi pearson. Variabel peubah yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah daun, luas daun, kadar klorofil, berat segar tanaman, berat kering tanaman, panjang akar dan volume akar.
Hasil penelitian menunjukkan tidak adanya interaksi antara media serat aren dengan nutrisi yang diberikan. Semua variabel pengamatan saling berkorelasi, kecuali kadar klorofil yang hanya berkorelasi dengan jumlah daun. Perbedaan ukuran serat aren yang digunakan tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman selada kecuali panjang akar jika dibandingkan dengan arang sekam. Namun, perbedaan ukuran serat memberikan pengaruh pada berat kering tanaman dan panjang akar. NutrisiAB mix EC 3mS/cm memberikan pengaruh terbaik pada semua variabel pengamatan kecuali kadar klorofil. Perlakuan terbaik terdapat pada kombinasi perlakuan panjang serat1(12,97 ± 3,73 cm) dan nutrisi AB mix EC 3 mS/cm yaitu dengan variabel tinggi tanaman 21,82 cm, luas daun 2285,6 cm2, berat segar tanaman 42,48 gram, berat kering tanaman 3,61 gram, dan panjang akar 14,22 cm.

 

×
Penulis Utama : Sri Wulandari Setyawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0712172
Tahun : 2017
Judul : Pertumbuhan selada dalam hidroponik substrat dengan perbedaan ukuran serat aren dan nutrisi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Program Studi Agroteknologi-H0712172-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Dwi Harjoko, M.P.,
2. Ir. Trijono Djoko S., M.P.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.