Penulis Utama : Pradite Nimas Ayu Astardiana
NIM / NIP : H0413033
×

Abstrak
Sikap petani perlu dikaji karena sikap akan mempengaruhi keberlanjutan atau keberhasilan suatu program, Kabupaten Sukoharjo sebagai pelaksana Program Upaya Khusus Peningkatan Padi, Jagung, dan Kedelai (UPSUS PAJALE) penting untuk diteliti guna menentukan bagaimana sikap petani yang ada di Kabupaten Sukoharjo terhadap keberhasilan  program UPSUS PAJALE yang ada di wilayah tersebut. UPSUS PAJALE adalah program dari pemerintah yang bertujuan untuk mengupayakan ketahanan pangan di Indonesia. Sikap Petani terhadap Program UPSUS PAJALE diartikan sebagai tanggapan atau respons petani terhadap segala bentuk kegiatan dalam program berupa pernyataan negative dan pernyataan positif, baik atau buruk yang dilihat dari tiga komponen yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan : mengkaji faktor – faktor yang mempengaruhi sikap petani pada program UPSUS PAJALE di Kabupaten Sukoharjo, mengkaji sikap petani pada program UPSUS PAJALE di Kabupaten Sukoharjo, mengkaji pengaruh faktor – faktor yang mempengaruhi sikap petani pada program UPSUS PAJALE di Kabupaten Sukoharjo.  
Metode dasar penelitian adalah kuantitatif dengan teknik survei. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive) di Kabupaten Sukoharjo dengan pertimbangan bahwa Kabupaten Sukoharjo menempati produktivitas tertinggi padi di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan jumlah sampel yang didapat 80 petani. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.  
Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa pendidikan non formal memiliki kategori sangat tinggi sebesar 76,25%, pengaruh orang lain yang dianggap penting memiliki kategori tinggi sebesar 57,50%, media massa termasuk dalam kategori tinggi sebesar 52,50%, pengalaman berada pada kategori sangat tinggi sebesar 78,75%, dan lingkungan ekonomi dengan katogori rendah sebesar 87,50%. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa faktor – faktor yang berpengaruh
signifikan terhadap sikap pada program UPSUS PAJALE adalah pendidikan non formal sebesar 0,035; pengaruh orang lain yang dianggap penting sebesar 0,010; media massa sebesar 0,049; dan pengalaman sebesar 0,045, sedangkan lingkungan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap sikap sebesar 0,060. R square penelitian ini adalah 82,9% sehingga sikap Program UPSUS PAJALE dipengaruhi oleh faktor – faktor pembentuk sikap ( pendidikan non formal, pengaruh orang lain yang dianggap penting, media massa, pengalaman, dan lingkungan ekonomi) yang sisanya 17,1% dipengaruhi oleh faktor lain.

 

×
Penulis Utama : Pradite Nimas Ayu Astardiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0413033
Tahun : 2017
Judul : Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Sikap Petani terhadap Program UPSUS PAJALE di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian Jur. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian-H0413033-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suminah, M.Si
2. Arip Wijianto, S.P, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.