Penulis Utama : Deby Rahmawati
NIM / NIP : R0213019
×

Latar Belakang : Industri furniture berbasis kayu merupakan salah satu industri yang memiliki nilai tambah paling tinggi. Dalam kegiatannya menggunakan beragam mesin dan peralatan mekanis yang menimbulkan getaran. Getaran yang  melebihi nilai ambang batas dan terpapar dalam jangka panjang dapat  menyebabkan keluhan carpal tunnel syndrome. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pengaruh intensitas getaran mesin perkayuan terhadap keluhan carpal tunnel syndrome pada pekerja bagian finishing industri mebel wilayah Bibis Surakarta.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik, dengan desain cross sectional. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Populasi adalah seluruh tenaga kerja bagian finishing di industri mebel Bibis Surakarta berjumlah 95 orang, dan diperoleh sampel sebesar 44 orang yang keseluruhan berjenis kelamin laki-laki. Penelitian ini menggunakan bantuan dokter untuk mengetahui keluhan carpal tunnel syndrome serta bantuan dari bagian laboratorium getaran Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret untuk mengetahui intensitas getaran mesin perkayuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Spearman Rank menggunakan program computer SPSS versi 17.

Hasil : Uji statistik Chi Spearman Rank menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada paparan getaran mesin perkayuan terhadap keluhan carpal tunnel syndrome pada pekerja industri mebel Bibis Surakarta, dengan p-value = 0,024.

Simpulan : Ada Pengaruh yang signifikan dari intensitas getaran mesin perkayuan terhadap keluhan carpal tunnel syndrome pada pekerja bagian finishing di industri mebel wilayah Bibis Surakarta.

×
Penulis Utama : Deby Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0213019
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Intensitas Getaran Mesin Perkayuan Terhadap Keluhan Carpal Tunnel Syndrome pada Pekerja Bagian Finishing Industri Mesbel Bibis Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Prog. DIV Sains Terapan-R0213019-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Istar Yuliadi, M. Si., FIAS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.