Penulis Utama : Niken Setyorini
NIM / NIP : B0115042
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana teks SWTTK yang bersih dari kesalahan sesuai dengan cara kerja filologi? (2) bagaimana penggunaan Bahasa Kedhaton yang berlaku di Kraton Surakarta yang terkandung dalam teks SWTTK?
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah (1) menyajikan suntingan teks SWTTK yang bersih dari kesalahan dan dekat dengan aslinya sesuai dengan cara kerja filologi (2) mengungkapkan penggunaan bahasa Kedhaton yang berlaku di Kraton Surakarta dalam teks SWTTK.
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini ialah naskah yang berjudul Serat Wewaton Tatakrama Tembung Kedhaton RP 76 koleksi Museum Radya Pustaka Surakarta. Data dalam penelitian ini adalah teks SWTTK yang berkaitan dengan bahasa Kedhaton. Teknik pengumpulan data dengan membaca katalog-katalog untuk mendapat informasi tentang objek yang akan diteliti. Kemudian dilakukan pengecekan kebenaran keberadaan naskah di tempat penyimpanan naskah dan dilanjutkan digitalisasi naskah dengan menggunakan kamera. Data yang diperoleh dari digitalisasi naskah tersebut dipindah dalam laptop untuk ditransliterasi.
Teknik analisis data penelitian ini ada dua yakni secara filologi dengan melakukan kritik teks untuk mengembalikan teks ke bentuk mendekati aslinya dan penyuntingan naskah tunggal dengan metode standar. Sedangkan Teknik analisis data secara isi dengan menggunakan analisis interaktif untuk menjabarkan kandungan isi yang terkandung dalam naskah SWTTK tentang penggunaan bahasa Kedhaton.
Simpulan penelitian ini adalah (1) Dari penelitian yang dilakukan didapatkan 21 varian, meliputi 1 hiperkorek, 2 lakuna huruf, 3 adisi, dan 15 korup. Varian-varian tersebut dikritisi sehingga menghasilkan suatu suntingan teks yang bersih dari kesalahan. Dengan demikian hasil suntingan teks Serat Wewaton Tatakrama Tembung Kedhaton koleksi Museum Radya Pustaka merupakan teks yang bersih dari kesalahan, serta dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah, (2) Serat Wewaton Tatakrama Tembung Kedhaton merupakan naskah yang memuat penggunaan bahasa Kedhaton dan tata krama sembah yang dilakukan oleh para Putra Dalem, Putra Sentana, dan abdi dalem ketika menghadap raja di kraton. Bahasa Kedhaton dikelompokkan menjadi tiga tingkatan antara lain tembung manungkara, mangungkak basa, dan ngagok wicara. Penggunaan bahasa Kedhaton meliputi penggunaan kata ganti orang yang digunakan oleh raja kepada bawahannya maupun kepada sesama abdi dalem kraton, batasan-batasan ketika menggunakan bahasa Kedhaton, dan waktu penggunaan bahasa Kedhaton.

Kata kunci: Filologi, tata krama, bahasa Kedhaton.

 

×
Penulis Utama : Niken Setyorini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115042
Tahun : 2019
Judul : Sêrat wêwaton tatakrama têmbung kêdhaton (suntingan teks dan kajian isi)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog Studi Sastra Daerah-B0115042-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aloysius Indratmo, M.Hum.
2. Drs. Supardjo, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.