Penulis Utama : Yona Satriangelina
NIM / NIP : B0115061
×

Penelitian ini membahas permasalahan di antaranya (1) bagaimana teks SWBD2 yang bersih dari kesalahan melalui cara kerja filologi? (2) bagaimana ajaran Wirid Hidayatollah dalam SWBD2?
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menyajikan teks SWBD2 yang bersih dari kesalahan melalui cara kerja filologi, (2) Mengungkapkan ajaran wirid Hidayatollah pada SWBD2.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologi yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan teks yang otentik yang jauh dari kesalahan. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pustaka atau library research. Sumber data penelitian ini adalah naskah SWBD2 Data dalam penelitian filologis ini adalah teks manuskrip SWBD2 dan data isi yang digunakan adalah isi ajaran Wirid Hidayatollah dalam teks SWBD2 yang telah disunting.  Teknik  pengumpulan  data  yaitu  alih  media berupa foto digital dan transliterasi, setelah ditransliterasi diperoleh wujud teks. Pengumpulan data mengenai informasi isi ajaran Wirid Hidayatollah menggunakan teknik analisis isi.
Teknik analisis data dalam penelitian filologis yaitu kritik teks, yang bertujuan  untuk  menghakimi  teks.  Kemudian  teks  tersebut  dibetulkan  dan disunting untuk mendapatkan teks yang bersih dari kesalahan dan menggunakan penyuntingan naskah tunggal yaitu edisi standar.Suntingan teks tersebut disertai dengan aparat kritik. Sedangkan analisis isi ajaran Wirid Hidayatollah dalam teks SWBD2 menggunakan metode analisis interaktif yakni data informasi mengenai ajaran Wirid Hidayatollah yang telah terkumpul direduksi, disajikan kemudian ditarik simpulan.
Simpulan penelitian ini adalah (1)  Naskah Serat  Wida Budaya Dhil 2 disingkat menjadi naskah SWBD2 ini milik Putri Wulandari yang beralamat di Desa Tirisan RT 04 RW 23 Makamhaji, Kartasura, Jawa Tengah. Naskah ini berbentuk  teks  gancaran  atau prosa dan  terdapat  puisi  atau tembang macapat Dhandhanggula serta kondisi naskah ini masih baik dan utuh, terdiri dari 84 halaman dan terdapat halaman kosong yaitu halaman 72 dan 2 halaman depan tidak ada halaman. Hasil analisis secara filologis ditemukan varian-varian naskah SWBD2 yaitu Lacuna yang berjumlah 15 (lima belas), adisi yang berjumlah 7 (tujuh), dan hypercorrect berjumlah 17 (tujuh belas). Suntingan teks SWBD2 yang bersih dari kesalahan menggunakan metode naskah tunggal yaitu metode edisi standar yang pembetulannya didasarkan pada konteks linguistik dan konteks kalimat. (2) Naskah SWBD2 berisi tentang 8 bab yaitu 1) tatacara menasehati mejang (mengajarkan ilmu kesempurnaan) atau sekaligus caranya, 2) doa muksa,
3) kewajiban guru, memilih guru, buruknya seorang guru serta adanya murid, 4) kutipan dari Serat Centhini: Perkataan Niken Tambang Raras kepada kakaknya Seh Among Raga tentang sifat-sifat, 5) larangan dari Ratu Kalijaga tentang pemilihan hari serta larangan  para laki-laki yang bercinta, 6) kutipan

 

Serat Darma Sonya menceritakan terjadinya Alam, serta terjadinya manusia, serta hewan, juga tumbuhan, terjadinya wahyu, daru, musibah, guna-guna, wahyu dan sejenisnya yang mempengaruhi wataknya manusia, 7) Wawasan, dan 8) Wirid Hidayatollah. Wirid Hidayatollah ini paling dominan di dalam naskah SWBD2 terdapat ajaran-ajaran penting kehidupan masyarakat. Isi Wirid Hidayatollah berupa  nasehat-nasehat  dari  Syeh  Hidayat  Jati  kepada  cucunya  Jaka  Prawita supaya mendapat hidayah dari Allah, ajaran tersebut di antaranya yaitu ajaran untuk bertapa, ajaran untuk mencapai keutamaan hidup, ajaran untuk bersabar, ajaran untuk menbuat orang lain senang, ajaran untuk berperilaku baik, ajaran untuk berilmu, ajaran hubungan suami-istri, ajaran untuk beribadah dan berdoa.

Kata kunci : Serat Wida Budaya Dhil 2, filologi, ajaran Wirid Hidayatollah

×
Penulis Utama : Yona Satriangelina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115061
Tahun : 2019
Judul : Kajian filologis dan ajaran wirid hidayatollah dalam serat wida budaya dhil 2
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog Studi Sastra Daerah-B0115061-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Muslifah, S.S, M.Hum.
2. Dr. Supana, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.