Penulis Utama : Saras Nindita
NIM / NIP : B0115052
×

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan unsur struktural dalam novel Tembang Raras Ing Tepis Ratri karya Sunaryata Soemardjo menurut teori Robert Stanton; (2) Mendeskripsikan faktor penghambat aktualisasi diri tokoh Asih dalam novel Tembang Raras Ing Tepis Ratri” karya Sunaryata Soemardjo; (3) Mendeskripsikan aktualisasi diri tokoh Asih dalam novel “Tembang Raras Ing Tepis Ratri” karya Sunaryata Soemardjo.
Penelitian ini menggunakan teori struktural Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema dan sarana-sarana cerita (judul, sudut pandang, gaya dan tone, simbolisme, ironi). Selain itu, penelitian ini juga menggunakan   pendekatan   psikologi   sastra   yang   terdiri   atas   teori   faktor penghambat aktualisasi diri serta teori aktualisasi diri menurut Abraham Maslow.
Bentuk penelitian ini yaitu penelitian sastra bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari novel Tembang Raras Ing Tepis Ratri karya Sunaryata Soemardjo diterbitkan oleh CV. Pustaka Ilalang Group Agustus 2018. Data dalam penelitian  ini  berupa  unsur-unsur  intrinsik  dan  aspek-aspek  psikologi.  Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan pendekatan strukturalisme dan psikologi sastra.
Penelitian   ini   menghasilkan   uraian   tentang   keterkaitan   antar   unsur struktural  dalam  novel  Tembang  Raras  Ing  Tepis  Ratri   karya  Sunaryata Soemardjo  yang memiliki hubungan  erat  antara keduanya. Selain itu,  melalui aspek   psikologi   sastra,   dapat   menjelaskan   tokoh   Asih   yang   memiliki permasalahan karena pengaruh dari lingkungan sekitar dan dirinya sendiri. Aspek teori Abraham Maslow mampu memperjelas kesulitan tokoh dalam mencapai aktualisasi diri. Ditinjau dari tingkatan dalam mencapai aktualisasi diri tokoh Asih mampu memenuhi semua tingkatan sebelum ia mencapai tahap aktualisasi diri
yang merupakan capaian tertinggi.

Kata kunci: Novel Tembang Raras Ing Tepis Ratri, Aktualisasi Diri, Psikologi
Sastra.

 

×
Penulis Utama : Saras Nindita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115052
Tahun : 2019
Judul : Aktualisasi diri tokoh asih dalam novel tembang raras ing tepis ratri karya Sunaryata Soemardjo (tinjauan psikologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog Studi Sastra Daerah-B0115052-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo,S.S.,M.Hum.,Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.