Penulis Utama : Dian Prakoso
NIM / NIP : B0115017
×

Tujuan penelitian ini antara lain: (1) mendeskripsikan keterkaitan antarunsur struktural dalam novel Lintang Kesaput Mega karya Tulus Setiyadi berdasarkan teori struktural Burhan Nurgiyantoro (2) mendeskripsikan eksistensi psikologis tokoh utama dalam novel Lintang Kesaput Mega karya Tulus Setiyadi berdasarkan teori psikologi eksistensial Rollo May (3) mendeskripsikan dampak eksistensi psikologis tokoh utama terhadap para tokoh dalam novel Lintang Kesaput Mega karya Tulus Setiyadi.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain pendekatan struktural  menurut Burhan Nurgiyantoro dan konsep psikologi eksistensial Rollo May. Manfaat teoritis penelitian ini untuk memperkaya khazanah ilmu pengetahuan, manfaat praktis penelitian ini digunakan tuntunan dalam kehidupan masyarakat dan modal penelitian lanjutan.
Bentuk penelitian ini yaitu penelitian sastra yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data berasal dari novel Lintang Kesaput Mega karya Tulus Setiyadi. Data dalam penelitian ini adalah teks dalam Novel Lintang Kesaput Mega karya Tulus Setiyadi yang membangun cerita meliputi tema, plot, penokohan, latar, dan sudut pandang, kemudian meliputi aspek-aspek psikologis berupa umwelt, mitwelt, eigenwelt dan dampak eksistensi psikologis tokoh utama terhadap para tokoh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan struktural dan pendekatan psikologi eksistensial.
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: (1) unsur struktural yang terdapat dalam novel Lintang Kesaput Mega karya Tulus Setyadi menunjukkan adanya hubungan erat antara unsur satu dengan unsur lainnya (2) ditinjau dari masalah eksistensi psikologis menurut konsep psikologi eksistensial Rollo May, tokoh utama dalam novel Lintang Kesaput Mega karya Tulus Setiyadi bernama Hesti mengaktualisasi dirinya melalui hubungan dengan lingkungan, para tokoh dan dengan diri sendiri (3) ditinjau dari dampak terhadap para tokoh, tokoh utama dalam novel Lintang Kesaput Mega karya Tulus Setiyadi dapat memberikan dampak positif kepada para tokoh melalui keberadaannya di lingkungan sekitar.

Kata kunci: Novel Lintang Kesaput Mega, Tokoh Utama, Psikologi Eksistensial Rollo May

 

×
Penulis Utama : Dian Prakoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0115017
Tahun : 2019
Judul : Eksistensi psikologis tokoh utama dalam novel lintang kesaput mega karya Tulus Setiyadi (tinjauan psikologi eksistensial rollo may)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Prog Studi Sastra Daerah-B0115017-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Dyah Padmaningsih, M.Hum.
2. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.