Penulis Utama : Sita Permatasari
NIM / NIP : K3115054
×

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Prototipe-2 Kurikulum Bimbingan berbasis Standar Kompetensi Bidang Karier Peserta Didik SMA. Metode penelitian yang digunakan dalam pengembangan kurikulum bimbingan berbasis standar kompetensi bidang karier ini adalah desain penelitian pendidikan (educational design research) yang mengacu pada model penelitian Plomp (2013).
Prosedur yang dilakukan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah preliminary research dan prototyping stage sehingga terbatas pada uji validitas ahli dan revisi produk, sedangkan pada assessment phase direkomendasikan bagi peneliti selanjutnya. Analisis data penelitian dilaksanakan secara kualitatif dan kuantitatif. Kualitatif diperoleh dengan cara mengumpulkan saran dan komentar para ahli. Kuantitatif diolah dengan interrater agreement model  yang datanya berasal dari hasil uji validitas ahli. Kegiatan pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan studi literatur dan memberikan angket uji validitas kepada subjek ahli yaitu akademisi bimbingan dan konseling.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan prototipe-2 kurikulum bimbingan berbasis standar kompetensi bidang karier peserta didik SMA dan (2) hasil analisis uji validitas ahli yang dilakukan oleh dua orang akademisi bimbingan dan konseling menunjukkan angka
1 yang artinya memiliki validitas tinggi. Berdasarkan hasil validasi produk yang telah dilakukan oleh akademisi bimbingan dan konseling dapat disimpulkan bahwa kurikulum bimbingan berbasis standar kompetensi bidang karier peserta didik SMA yang telah dikembangkan sudah sesuai yang diharapkan.

 

Kata Kunci: Bidang Karier, Kurikulum Bimbingan, Standar Kompetensi

×
Penulis Utama : Sita Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3115054
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan kurikulum bimbingan berbasis standar kompetensi bidang karier peserta didik SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Bimbingan dan Konseling-K3115054 -2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd., M.Pd.,
2. Ma`rifatin Indah Kholili, S.Pd., M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.