Penulis Utama : Ikhsan Anshori
NIM / NIP : A131408005
×

Taman Hutan Raya adalah kawasan pelestarian alam untuk tujuan koleksi tumbuhan dan/atau satwa, baik alami maupun buatan, jenis asli dan/atau bukan asli, yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya,  budaya, pariwisata  dan  rekreasi.  Taman  Hutan  Raya  Bunder terletak di Kabupaten Gunungkidul Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan pilihan yang tepat dalam melakukan konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, yang sekaligus untuk mendukung spesifikasi Yogyakarta sebagai pusat pendidikan, budaya dan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai ekonomi kawasan Taman Hutan Raya Bunder melalui pendekatan nilai ekowisata secara tidak langsung maupun teknik pengukuran langsung, serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan ke Taman Hutan Raya Bunder.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Perhitungan nilai ekonomi Taman Hutan Raya Bunder secara tidak langsung menggunakan metode biaya perjalanan (Travel Cost Method), sedangkan secara langsung menggunakan metode valuasi kontigensi (Contingent Valuation Method) yaitu suatu metode survei untuk menanyakan penduduk tentang nilai atau harga yang mereka berikan  terhadap  komoditi  yang  tidak  memiliki  pasar  seperti  Taman  Hutan  Raya Bunder.
Hasil penelitian menunjukkan nilai ekonomi dari Taman Hutan Raya Bunder dengan pendekatan ekowisata berdasarkan Travel Cost Method sebesar Rp33.137.961.450,00 per tahun dan berdasarkan Contingent Valuation Method sebesar Rp72.099.820,84 per tahun. Tahura Bunder memiliki nilai ekonomi yang cukup besar yang diharapkan menjadi cara yang efektif dalam mereduksi pemahaman yang keliru tentang kecilnya nilai ekonomi kawasan konservasi dibandingkan dengan bentuk pemanfaatan lainnya. Dengan demikian keberadaannya sebagai kawasan pelestarian alam layak dipertahankan dan dimanfaatkan dengan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya dan sebagai warisan untuk generasi yang akan datang. Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah kunjungan ke Taman Hutan Raya Bunder adalah umur, jarak lokasi dan biaya perjalanan. Pengunjung sebagian besar remaja dan berasal dari sekitar lokasi, sehingga untuk pengembangan selanjutnya dalam rangka   meningkatkan   kunjungan   terhadap   Taman   Hutan   Raya   Bunder   perlu diperhatikan terhadap sarana prasarana penunjang, atraksi daya tarik seni dan pertunjukan budaya lokal serta pelayanan terhadap pengunjung yang ditujukan untuk manarik segmen remaja dan masyarakat sekitar.

 

×
Penulis Utama : Ikhsan Anshori
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A131408005
Tahun : 2017
Judul : Valuasi Ekonomi Kawasan Taman Hutan Raya Bunder Di Gunungkidul Yogyakarta Melalui Pendekatan Nilai Ekowisata Dengan Travel Cost Method (TCM) Dan Contingent Valuation Method (CVM)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Lingkungan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Ilmu Lingkungan-A131408005-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Evi Gravitiani SE., M. Si
2. Dr. Sunarto MS.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.