Penulis Utama : Rizky Pratama Idris
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513097
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Pembelajaran Model Tutor Sebaya (Peer Tutoring) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X TM-B SMK N 5 Surakarta TA.2016-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2513097-2017
Subyek : TUTOR SEBAYA (PEER TUTORING), KEATIFAN SISWA, PRESTASI BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak
Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring). Tujuan penelitian ini sebagai berikut : (1) Untuk dapat meningkatkan keaktifan siswa pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017. (2) Untuk dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017 dengan penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring).
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta, hasil lembar amatan keaktifan dan hasil tes belajar siswa kelas X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 20162017.
Analisis data menggunakan Analisis interaktif. Prosedur penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, analisis, refleksi, tindakan, evaluasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat diperoleh sebagai berikut : (1) siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar pada pra-siklus sebesar 31,25%, pada siklus I siswa yang aktif sesuai kiteria keaktifan belajar mencapai 53,12%, siklus II siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar mencapai 84,38%. Penerapan model
pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring), juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebagai berikut : (2) siswa yang nilainya memenuhi criteria ketuntasan minimum (KKM)  pada pra-siklus mencapai 37,5%, Siklus I siswa yang nilainya memenuhi kriteria  ketuntasan minimum (KKM) sebesar 68,75%, Siklus II siswa yang nilainya memenuhi kriteria  ketuntasan minimum (KKM) sebesar 84,37%.  Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa : (1) penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017, (2) penerapan model pembelajaran Tutor Sebaya (Peer Tutoring) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran mekanika teknik X TM-B SMK Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016-2017.  
Kata kunci : Tutor Sebaya (Peer Tutoring), keatifan siswa, prestasi belajar

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Indah Widiastuti, ST, M.Eng
2. Dr.Eng. Nyenyep Sriwardani, ST., MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP