Penulis Utama : Nurul Qoyyimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0913037
Tahun : 2019
Judul : Kombinasi teknik eco printing dan ikat celup di atas kain sutera dengan pewarna alam dari tanaman kakao untuk tekstil pakaian
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Seni Rupa Dan Desain - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fakultas Seni Rupa Dan Desain, Program Studi Kriya Tekstil-C0913037-2019
Subyek : ECO PRINTING, IKAT CELUP, DAUN KAKAO, KULIT BUAH KAKAO, ALUR SUNGAI, TEKSTIL PAKAIAN.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar belakan proyek Tugas Akhir perancangan ini adalah trend “back to nature” menarik perhatian penulis untuk melakukan inovasi dengan mengkombinasikan tekstil ikat celup dan eco printing guna meningkatkan minat serta daya beli masyarakat terhadap produk ikat celup dan eco printing. Salah satu tumbuhan alam yang dibudidayakan di Indonesia adalah tanaman kakao yang dapat dimanfaatka n limbah daun dan kulit buahnya sebagai pewarna alam.
Tujuan penggarapan proyek ini adalah untuk melakukan inovasi produk ikat celup dan eco printing dengan menggunakan pewarna alam terutama limbah. Limbah daun dan kulit buah kakao dapat diterapkan dengan teknik ikat celup dan eco printing pada kain sutera T54 untuk meningkatkan estetis dan nilai ekonomis. Proses pembuatan karya ini dimulai dari studi literatur, observasi, wawancara, uji coba meterial dan teknik, uji coba pewarna alam dengan limbah kulit buah kakao dan daun kakao, melakukan survey pasar, membuat desain produk dan alternatif desain, dan realisasi produk ikat celup dan eco printing.
Penelitian ini menghasilkan sembilan desain unik dan menarik dengan sumber ide visual Alur Sungai, dimana dapat dicapai dengan kombinasi teknik Tritik dan Jumputan ikat celup dan Eco Printing yang tiga diantaranya diaplikasikan dalam produk tekstil pakaian. Diharapkan dengan dilakukannya Kombinasi Teknik Eco Printing Dan Ikat Celup Di Atas Kain Sutera Dengan Pewarna Alam Dari Tanaman Kakao Untuk tekstil Pakaian, dengan tema Alur Sungai ini, dapat menambah variasi pada produk fesyen yang mempunyai karakter khas dan berbeda.
Kata kunci: Eco Printing, Ikat Celup, Daun Kakao, Kulit Buah Kakao, Alur Sungai, Tekstil Pakaian.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
PERNYATAAN PENULIS.pdf
COVER BR.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn.
2. Dr. Theresia Widiastuti, M.Sn.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain