Penulis Utama : Komari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X47l2560
Tahun : 2014
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lempar Tangkap Bola Kecil melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kejajar Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2014
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan dan Rekreasi-X47l2560-2014
Subyek : TANGKAP BOLA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Tujuan  penelitian  ini  adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lempar tangkap bola kecil  melalui pendekatan bennain pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri  Kejajar  Kecamatan  Kejajar Kabupaten  Wonosobo  Tahun Pelajaran 2014 /2015
Penelitian  ini merupakan  penelitian tindakan  kelas ( PTK ). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan  tindakan,  observasi  dan  refleksi.  Subyek  penelitian  adalah  siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kejajar Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo yang berjumlah  20 orang siswa. Surnber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan  data adalah dengan observasi, wawancara,  angket dan dokurnentasi atau arsip.  Validitas  data menggunakan  teknik  triangulasi metode.  Analisis data menggunakan  teknik  analisis  statistik  deskriptif komparatif dan  analisis  kritis. Prosedur  penelitian adalah model sepiral yang saling berkaitan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan bennain dalarn pembelajaran gerak dasar melempar dapat meningkatkan  hasil belajar gerak dasar melempar  siswa, dari prasiklus  ke siklus I dan dari siklus  I ke siklus  TI. Proses pembelajaran pada prasiklus tanpa pendekatan bennain dalarn pembelajaran sehingga antusiasme  dan perhatian siswa rendah hal ini menyebabkan  ketuntasan siswa  hanya  35% ( 7 orang anak).  Peningkatan  terjadi  pada  siklus I walaupun belurn optimal yaitu 13 anak ( 65 % ) siswa tuntas. Pelaksanaan siklus II menyebabkan aktivitas pembelajaran siswa lebih baik dan hasil belajar siswa meningkat  menjadi 90% ( 18 ) orang siswa tuntas, ini menunjukan bahwa proses pembelajaran yang dilaksanakan berkualitas.
Simpulan  penclitian ini adalah pendekatan   bennain   sebagai  metode dalam pernbelajaran  dapat  meningkatkan   hasil  belajar  gerak  dasar  melempar siswa di Sekolah Dasar, khususnya siswa kelas IV SD Negeri Kejajar Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo.

Kata Kunci : Pendekatan Bermain, Gerak Dasar Lempar Tangkap Bola

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Slamet Widodo, S.Pd.M.Or.
2. Drs. Sugiyoto. MPd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP