Penulis Utama : Edysa Ariviani
NIM / NIP : C0113020
×

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimanakah bentuk penanda tindak tutur direktif dalam naskah sandiwara radio Ora Atos Kaya Watu karya Kusuma Danang Joyo, (2) bagaimanakah maksud tindak tutur direktif dalam naskah sandiwara radio Ora Atos Kaya Watu karya Kusuma Danang Joyo, (3) faktor apa sajakah yang melatarbelakangi adanya tindak tutur direktif dalam naskah sandiwara radio Ora Atos Kaya Watu karya Kusuma Danang Joyo.    

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk penanda tindak tutur direktif dalam naskah sandiwara radio Ora Atos Kaya Watu karya Kusuma Danang Joyo, (2) mendeskripsikan maksud tindak tutur direktif dalam naskah sandiwara radio Ora Atos Kaya Watu karya Kusuma Danang Joyo, (3) mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi tindak tutur direktif dalam naskah sandiwara radio Ora Atos Kaya Watu karya Kusuma Danang Joyo.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah tuturan dalam naskah sandiwara radio Ora Atos Kaya Watu karya Kusuma Danang Joyo yang di dalamnya terdapat tindak tutur direktif beserta konteksnya. Sumber data dalam penelitian ini berupa naskah drama sandiwara radio Ora Atos Kaya Watu karya Kusuma Danang Joyo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak. Teknik dasar yang dipakai adalah teknik pustaka, sedangkan teknik lanjutnya adalah teknik catat. Penelitian ini menggunakan metode kontekstual dan padan. Metode penyajian data menggunakan metode formal dan informal.

Hasil analisis data dalam penelitian ini dapat disimpulkan menjadi tiga hal, yaitu (1) bentuk penanda tindak tutur direktif sebanyak 5 yang meliputi; bentuk penanda monomorfemis, polimorfemis, frase, klausa, dan kalimat, (2) maksud tindak tutur direktif sebanyak 13 yang meliputi; maksud menyuruh, melarang, memohon, mengancam, mengusir, meminta ijin, menasehati, menyarankan, mengijinkan, mempersilakan, mengharuskan, mengharap dan mengingatkan, dan (3) faktor yang melatarbelakangi tindak tutur direktif, meliputi; (a) situation (situasi), (b) participant (pelaku), (c) ends (maksud), (d) act secuence (urutan struktur tindak tutur), (e) key (kunci), (f) instrumentalities (instrumentalitas), (g) norms (norma), dan (h) genre (jenis teks).

 

×
Penulis Utama : Edysa Ariviani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113020
Tahun : 2017
Judul : Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Naskah Sandiwara Radio Ora Atos Kaya Watu karya Kusuma Danang Joyo
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. Studi Sastra Daerah-C0113020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra Dyah Padmaningsih, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.