Penulis Utama : Iranda Yudhatama
NIM / NIP : S221508004
×

Sebagai sebuah gerakan pemberdayaan masyarakat, credit union dapat dikatakan berangkat  dari  realitas  sosial  akan  ketidak  berdayaan  baik  individu  ataupun  komunitas (powerless) dalam sebuah sistem sosial yang disebabkan ketidak berdayaan dalam berbagai aspek  seperti:  aspek  permodalan,  aspek  pengetahuan,  aspek  ketrampilan,  jaringan,  dan sebagainya. Dalam konteks pemberdayaan masyarakat tidak bisa dilepaskan dari dimensi komunikasi, hal ini dikarenakan di dalam proses pemberdayaan masyarakat terdapat dimensi komunikasi yang merupakan cara atau metode untuk menyebarkan dan memfasilitasi informasi- informasi atau pesan-pesan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dari komunitas dampingan atau kelompok sasaran
Berangkat dari konteks tersebut, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori
Difusi Inovasi, dan teori Message Design Logic serta teori Source Credibility sebagai kerangka teori untuk melihat bagamaina peran dan cara individu sebagai komunikator memproduksi dan menyebarkan pesan inovasi social. Di sisi lain penelitian ini  juga menggunakan teori Cordinated Management of Meaning untuk mengetahui bagaimana peran dan cara individu sebagai komunikan dalam menerima dan memaknai pesan inovasi sosial Credit Union Sandya Swadaya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Studi
kasus yang dipilih adalah studi kasus intrumental tunggal untuk meneliti fenonema komunikasi dalam konteks produksi, penyebaran dan penerimaan pesan inovasi sosial Credit Union Sandya Swadaya.
Hasil studi ini menunjukkan bahwa dalam proses difusi inovasi sosial Credit Union
Sandya Swadaya melibatkan individu-individu yang berperan sebagai innovator, pemuka pendapat, early adopter, early majority, late majority dan laggard dalam proses tersebut. Setiap individu tersebut memproduksi pesan dengan caranya sendiri-sendiri. Seorang innovator memproduksi   pesan   dengan   menggunakan   logika   retoris,   seorang   pemuka   pendapat menggunakan logika konvensional dan early adopter menggunakan logika ekspresif yang didasarkan pada kisah hidupanya (story lived) tapi justru menjadi kekuatan yang efektif  untuk mengajak orang mengadopsi inovasi sosial melalui sebuah penuturan cerita (story telling).
Studi kasus ini juga menemukan bahwa arus informasi dalam  proses difusi inovasi sosial
tidaklah berjalan linier dari satu individu ke individu lainnya. Hasil studi menunjukkan bahwa seorang  innovator  dapat  langsung  menyebarkan  pesannya  kepada  early  majority  dan  late majority tanpa harus melalui opinion leader dan early adopter terlebih dahulu.  Demikian pula proses keputusan inovasi  juga  tidak  harus  berjalan  linier,  individu dalam proses keputusan inovasi ada yang mengambil keputusan mengadopsi inovasi tanpa melalui tahapan pengetahuan tapi langsung mengadopsi terlebih dahulu inovasi sosial yang didifusikan oleh Credit Union Sandya Swadaya, baru setelahnya mencari informasi lebih dalam tentang credit union.

Kata kunci: Produksi Pesan, Penerimaan Pesan, Difusi Inovasi Sosial, Credit Union

×
Penulis Utama : Iranda Yudhatama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S221508004
Tahun : 2018
Judul : Produksi dan penerimaan pesan difusi inovasi sosial credit union sandya swadaya (studi kasus tentang peran individu dalam memproduksi pesan dan peran individu dalam penerimaaan pesan terkait difusi inovasi sosial credit union sandya swadaya dalam konteks pemberdayaan ekonomi komunitas di kota Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Komunikasi (Teori dan Penelitian)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Komunikasi-S221508004-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si, Ph.D
2. Sri Hastjarjo, S.Sos.,Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.