Penulis Utama : Rizki Unggul Prasetya Abadi
NIM / NIP : K4610080
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar senam lantai materi pokok guling depan melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. Penelitian ini dilakukan di SMK Batik 2 Surakarta pada tahun ajaran 2016/2017.

Subyek penelitian adalah siswa kelas X AK I berjumlah 33 siswa dan obyek penelitinnya adalah meningkatkan hasil belajar senam lantai materi pokok guling depan melalui penerapan gaya mengajar resiprokal. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif antara peneliti bekerjasama dengan guru penjasorkes. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus terdiri dari 4 kali pertemuan, kemudian tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah semua data yang tersedia, baik data kuantitatif secara statistik deskriptif komparatif (persentase) maupun data kualitatif secara analisis kritis.

Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan  gaya  mengajar  resiprokal  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  senam lantai materi pokok guling depan yang semula pada prasiklus kelulusan sebesar 45,45% menjadi 66,67% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat menjadi 81,82%, sehingga hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 36,37%.

 

×
Penulis Utama : Rizki Unggul Prasetya Abadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4610080
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkn Hasil Belajar Senam Lantai Materi Pokok Guling Depan Melalui Penerapan Gaya Mengajar Resiprokal Pada Peserta Didik X AK I SMK BATIK 2 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4610080-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Waluyo, M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.