Penulis Utama : Amelia Kristiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313009
Tahun : 2017
Judul : Penerapan model discovery disertai instruksi pada tahapan conclusion untuk meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4313009-2017
Subyek : TAHAPAN CONCLUSION
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep menggunakan model discovery disertai instruksi pada tahapan conclusion. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Prosedur penelitian meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik SMA yang terdiri dari 12 laki-laki dan 25 perempuan. Data utama berupa kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep yang diukur menggunakan skor concept map berdasarkan rubrik scoring expert concept map sesuai dengan Novak & Gowin (1984), sedangkan data pendukung berupa jawaban dan catatan  peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan  teknik tes menggunakan concept map dan non-tes meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep peserta didik dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kemampuan menemukan dan menghubungkan konsep peserta didik ditunjukkan dari skor concept map yang meliputi rata-rata skor, rentang skor, sedangkan jumlah peserta didik yang memiliki skor di atas rata-rata mengalami penurunan pada siklus I dan tetap pada siklus II. Rata-rata skor concept map pada prasiklus sebesar 5,09% meningkat menjadi 16,55% pada siklus I dan 23,11% pada siklus II. Rentang skor concept map pada prasiklus sebesar 2,58%-7,22% meningkat menjadi 7,00%-62,35% pada siklus I dan 6,76%-46,76% pada siklus II. Jumlah peserta didik yang memiliki skor di atas rata-rata pada prasiklus sebanyak 20 peserta didik menurun menjadi 7 peserta didik pada siklus I dan 7 peserta didik pada siklus II, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery disertai instruksi pada tahapan  conclusion  dapat  meningkatkan  kemampuan  menemukan  dan menghubungkan konsep peserta didik.

 

Kata kunci: instruksi, conclusion, model discovery, menemukan konsep, menghubungkan konsep

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202003041031461004.jpg
BAB 0_SKRIPSI rev scan.pdf
BAB 1_JADI revisi acc.pdf
BAB 2_JADI revisi acc.pdf
BAB 3_JADI revisi acc.pdf
BAB 4_JADI revisi acc.pdf
BAB 5_JADI revisi acc.pdf
DAFTAR PUSTAKA_JADI revisi acc.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Yudi Rinanto, M.P.
2. Dr. Sri Widoretno, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP