Penulis Utama : Rohma Tri Wardani
NIM / NIP : D1816085
×

ABSTRAK

Kuliah Kerja Pusdokinfo (KKP) yang dilakukan penulis bertujuan untuk mengoptimalkan proses belajar yang diperoleh selama dibangku perkuliahan, guna mendapatkan pengalaman kerja sehingga setelah lulus siap untuk terjun ke dalam dunia kerja yang sebenarnya. Kegiatan ini sangat penting perannya karena digunakan sebagai salah satu syarat dalam penyelesaian Tugas Akhir Diploma III Perpustakaan.
Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu dan teknologi, maka kebutuhan pengguna perpustakaan terhadap informasi akan berubah dari waktu ke waktu. Hal ini akan berdampak pada bahan pustaka tercetak yang semakin banyak dari segi jumlah dan edisinya, ada beberapa koleksi yang dipandang tidak relevan lagi dengan visi, misi dan kebutuhan pemakai perpustakaan. Bertambahnya usia pada bahan pustaka tercetak menyebabkan kerusakan fisik seperti hilangnya sebagian isi, atau tulisan yang sudah sulit dibaca. Hadirnya edisi terbaru menyebabkan edisi lama kurang diminati oleh pengguna perpustakaan. Maka dari itu untuk mengatasi membengkaknya bahan pustaka tercetak yang sudah tidak dipakai lagi di perpustakaan dengan cara melakukan penyiangan (weeding).
Penyiangan (weeding) adalah upaya pengeluaran sejumlah koleksi dari perpustakaan karena dianggap tidak relevan lagi, terlalu banyak jumlah eksemplarnya, sudah ada edisi baru, atau koleksi itu termasuk terbitan yang dilarang. Koleksi ini dapat ditukarkan dengan koleksi perpustakaan lainnya, dihadiahkan, atau dihancurkan untuk pembuatan kertas lagi.
Kegiatan penyiangan (weeding) koleksi bahan pustaka di UPT perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta adalah alasan dilakukan kegiatan penyiangan, kegiatan penyiangan yang meliputi : penentuan  kriteria koleksi yang disiangi, waktu pelaksanaan yang dibutuhkan, pencatatan koleksi yang disiangi, selain itu proses yang dilakukan dalam kegiatan penyiangan, kendala yang dihadapi serta dampak setelah dilakukan penyiangan. bahan pustaka yang telah disiangi kemudian digudangkan.
Dalam melaksanakan kegiatan magang atau Kuliah Kerja Pusdokinfo penulis telah memahami alasan, kegiatan, proses, serta mengetahui dampak setelah dilakukan kegiatan  penyiangan (weeding) koleksi bahan pustaka  yang ada di UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta. Penulis juga mendapatkan ilmu dan pengalaman kerja yang berkaitan dengan bidang perpustakaan.

 

×
Penulis Utama : Rohma Tri Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816085
Tahun : 2019
Judul : Penyiangan koleksi bahan pustaka di UPT Perpustakaan Universitas Setia Budi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2019
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Program Diploma III Perpustakaan-D1816085-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Retno Subardiyati, S.Sos, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.