Penulis Utama : Eni Palupi
NIM / NIP : K8413025
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  (1)  Mengetahui  relasi  kekuasaan  dalam
perjodohan satu lingkup keanggotaan Kelompok Islam Seroja. (2) Mengetahui hegemoni agama yang terjadi dalam perjodohan Kelompok Islam Seroja.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi dokumen. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan yang digunakan sebagai sumber data pada penelitian ini adalah orang-orang yang berhubungan dengan praktek perjodohan yang dilakukan, meliputi pelaku perjodohan, tim pernikahan, putri kiai kelompok, guru ngaji dan mantan anggota kelompok tersebut. Teknik analisis data dilakukan secara interaktif yang terdiri dari empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada dominasi yang dilakukan Kelompok  Islam  Seroja  terhadap  para  anggotanya  dalam  mekanisme  perjodohan yang dilakukan, pertama pemilihan pasangan suami-istri yang dibatasi kesamaan keanggotaan, sehingga perkawinan tidak terjadi dengan orang di luar  keanggotaan. Kedua dibentuknya tim pernikahan yang penunjukkannya dilakukan sepihak oleh Kelompok  Islam  Seroja  untuk  mengurus  perjodohan  dan  perkawinan  anggota. Ketiga, masuknya anggota kelompok dalam pengajian Usia Nikah ketika telah memasuki umur yang dianggap sesuai. (2) Hegemoni agama dilakukan melalui tafsir sepihak terhadap beberapa ayat suci Alquran dan Hadits yang dijadikan suatu pondasi ideologis dalam Kelompok Islam Seroja. Melalui pemikiran para anggota tentang suatu penafsiran yang kurang kritis (common sense), wacana hegemonik yang merupakan konstruksi yang dialamiahkan oleh kelompok tersebut diinternalisasikan. Termasuk dalam ranah perkawinan, dimana melalui pemikiran adanya orang luar dan dalam (out-group dan in-group), maka perkawinan hanya dilakukan dalam keanggotaan sehingga perjodohan satu lingkup keanggotaan yang dibantu tim pernikahan terbentuk. Hegemoni agama dalam perkawinan kemudian dilakukan dengan dua metode, baik koersif maupun persuasif yang dilakukan secara beriringan dan terwujud dalam ajaran, dan kultur dalam keanggotaan Kelompok Islam Seroja, yang menghasilkan hegemoni dalam ranah perkawinan dan perjodohan dalam keanggotaan.

Kata kunci: Hegemoni Agama, Perkawinan Kelompok, Kelompok Islam Seroja

×
Penulis Utama : Eni Palupi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8413025
Tahun : 2017
Judul : Hegemoni agama dalam perkawinan (perjodohan dalam satu lingkup keanggotaan kelompok Islam Seroja di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Sosiologi Antropologi-K8413025-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siany Indria Liestyasari, S.Ant, M.Hum
2. Dr. rer. nat. Nurhadi, S.Ant M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.