Penulis Utama : Dewi Puspa
NIM / NIP : D1816034
×

ABSTRAK

Pelaksanaan Kuliah Kerja Perpustakaan (Magang) merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa semester enam untuk menjadi landasan dasar dalam pembuatan Tugas Akhir guna memenuhi salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan dan memperoleh gelar Ahli Madya (A.Md.) pada Program Diploma III Perpustakaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Penulis memilih Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali untuk melakukan Kuliah Kerja Perpustakaan (Magang), yang terletak di Jalan Pandanaran No. 169, Simpang Lima, Boyolali. Alasan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Perpustakaan (Magang) di Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali dikarenakan pihak perpustakaan sudah melaksanakan berbagai macam program minat baca. Sedangkan tujuan penulis melaksanakan Kuliah Kerja Perpustakaan (Magang) di Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali antara lain : memperoleh data-data yang penulis perlukan dalam penyusunan Tugas Akhir dan mengetahui serta terlibat langsung dalam pelaksanaan program minat baca.
Program minat baca perlu untuk diupayakan oleh pihak Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali mengingat minat baca masyarakat Kabupaten Boyolali untuk saat ini masih tergolong rendah. Program merupakan sebuah kegiatan yang telah direncanakan dengan sistematis oleh instansi atau lembaga agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Sedangkan minat merupakan dorongan hati untuk melakukan suatu kegiatan tanpa perlu adanya perintah dari orang lain. Membaca adalah kegiatan untuk menafsirkan kata, huruf, dan gambar agar makna yang terkandung dalam sebuah bacaan dapat dipahami oleh pembaca. Kemudian minat baca adalah kemauan seseorang untuk membaca sebuah bacaan yang timbul dari dalam diri karena akan diperoleh manfaat setelah membaca. Mengingat begitu pentingnya aktivitas membaca dan minat baca masyarakat yang masih rendah maka perlu adanya upaya pihak perpustakaan untuk menyelenggarakan program yang dapat meningkatkan minat baca. Ada beberapa program minat baca yang perlu dilakukan oleh pihak Perpustakaan Umum agar dapat menumbuhkan budaya gemar membaca masyarakat antara lain : perpustakaan keliling, layanan mendongeng untuk anak-anak, lomba bercerita dan menulis, dan menyediakan buku sesuai keinginan pemustaka.
Berdasarkan hasil pelaksanaan Kuliah Kerja Perpustakaan (Magang) yang telah penulis lakukan, ada berbagai program minat baca yang telah diselenggarakan oleh pihak Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali guna mewujudkan masyarakat Kabupaten Boyolali yang gemar membaca. Program-program tersebut antara lain : Talk Show dan Pengukuhan Bunda Baca Kabupaten Boyolali Tahun 2019, Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Kabupaten Boyolali, layanan perpustakaan keliling, kegiatan storytelling, dan pengadaan koleksi bahan pustaka buku melalui pembelian. Terdapat berbagai macam hambatan dalam pelaksanaan setiap program minat baca, akan tetapi pihak perpustakaan selalu mengatasi hambatan dengan solusi terbaik agar program minat baca dapat terus berjalan dan menjadi lebih baik kedepannya.
Berdasarkan hasil pelaksanaan Kuliah Kerja Perpustakaan (Magang) yang telah dilaksanakan, penulis dapat mengambil simpulan yaitu : pihak Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali telah melaksanakan berbagai program minat baca sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang ada untuk menanamkan rasa cinta baca kepada masyarakat Kabupaten Boyolali. Melalui program minat baca diharapkan akan ada peningkatan jumlah pengunjung perpustakaan dan minat baca masyarakat juga bertambah. Selain program minat baca yang telah dilakukan, pihak perpustakaan juga perlu berinovasi untuk menghadirkan program minat baca baru agar masyarakat lebih tertarik untuk ikut serta dalam setiap program. Sebaiknya setiap pelaksanaan program minat baca harus direncanakan dengan lebih baik dan mempertimbangkan segala hambatan yang akan dihadapi, agar tujuan yang ingin dicapai mudah untuk diwujudkan.

 

×
Penulis Utama : Dewi Puspa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1816034
Tahun : 2019
Judul : Program minat baca di Perpustakaan Umum Kabupaten Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : D-3 Perpustakaan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP-Program Diploma III Perpustakaan-D1816034-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahmat Setiawan Saefullah, S.S, M.I.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.