Penulis Utama : Akuntari Kusvarini
NIM / NIP : I8714004
×

ABSTRAK

Akuntari Kusvarini, 2017.Evaluasi Kinerja Jaringan Irigasi Tersier Daerah Irigasi Sedadi Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Jurusan D-III Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan. FT Universitas Sebelas Maret, Dr. Cahyono Ikhsan, S.T., M.T.
Perubahan kebijakan pengelolaan irigasi yang trngah dilakukan pemerintah pada saat ini mempunyai sasaran yang lebih jauh tidak hanya sekedar perubahan kewenangan pengelolaan. Namun, juga tercapainya satu tingkat pelayana dengan kapasitas yang cukup baik pada tingkat jaringan primer, sekunder sampai dengan tersier.Hal tersebut sesuai dengan Surat Menteri Koordinator Bidang Perekonomian No : S-44/M.EKON/02/2016 tanggal 26 Februari 2016 tentang Pendataan dan pengembangan sistem irigasi yang berupa penilaian kinerja secara lengkap mulai dari waduk/ bendung sampai dengan saluran tersier.
Kondisi irigasi saat ini semakin tidak terawat karena pengelolaan yang kurang memadahi dan penurunan kondisi fisik. Terlihat dari banyaknya  saluran yang mengalami kerusakan  dan peningkatan sedimentasi pada saluran irigasi serta terdapat beberapa bobolan di beberapa saluran irigasi. Sehingga menurunkan fungsi dan kondisi fisik saluran irigasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kinerja saluran irigasi tersier di Daerah Irigasi Sedadi, mengetahui kerusakan yang ada di saluran irigasi tersier di Daerah Irigasi Sedadi, mengetahui hasil kriteria dan pembobotan penilaian kinerja di saluran tersier di Daerah Irigasi Sedadi, mengetahui biaya yang di keluarkan untuk perbaikan di saluran tersier di Daerah Irigasi Sedadi. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap survey, tahap analisis, tahap pembahasan, dan tahap kesimpulan.

Metode penelitian yang di lakukan adalah metode survey, tahapan-tahapan diantaranya adalah menentukan wilayah yang akan direncanakan, menentukan administrasi perijinan pengumpulan data, survey awal lokasi untuk mendapatkan gambaran umum mengenai permasalahan yang ditinjau, mencari dan menyiapkan literature yang digunakan sebagai referensi dalam penyusunan Tugas Akhir, menentukan kriteria dan pembobotan untuk mengetahui kinerja saluaran irigasi tersier di Daerah Irigasi Sedadi sehingga dapat di jadikan acuan untuk mengetahui besaran biaya perbaikan yang diperlukan.

Hasil evaluasi kinerja saluran irigasi tersier Daerah Irigasi Sedadi Kabupaten Grobogan pada saat ini menunjukkan rata- rata kondisi yang ada adalah  79,53 %  dan rata-rata kondisi yang tidak ada adalah 7,3 ?rdasarkan 6 sempel penelitian.


Kata Kunci :Saluran Irigasi Tersier, Daerah Irigasi Sedadi ,Evaluasi Kinerja.

×
Penulis Utama : Akuntari Kusvarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8714004
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Kinerja Saluran Irigasi Tersier Daerah Irigasi Sedadi Kabupaten Grobogan Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Teknik - 2017
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak.Teknik DIII Teknik Sipil-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Cahyono Ikhsan, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.