Penulis Utama : Wiwik Nurfika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K74071S9
Tahun : 2011
Judul : Analisis Kegiatan Manajemen Produksi dalam Proses Produksi di UD. Lembah Arta Sukoharjo Tahun2011
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2011
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K74071S9-2011
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Penelitian   ini   bertujuan   untuk; I) Untuk  mengetahui kegiatan   yang dilakukan dalam manajemen produksi; 2) Untuk mengetahui hal-hal yang dipertimbangkan dalam proses   produksi; 3) Untuk mengetahui  proses produksi mebel yang dilakukan di UD. Lembah Arla Sukoharjo.
Bentuk  penelitian  yang  digunakan  adalah  kualitatif,  sedangkan  metode yang  digunakan  adalah  metode  deskriptif dengan  strategi  tunggal  terpancang. Sumber data yang digunakan terdiri dari informan, tempat dan peristiwa, dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampel bertujuan (purposive sampling) dan teknik bola salju (snowball sampling). Teknik pengumpulan  data yang  digunakan  adalah  wawancara,  observasi  langsung,  dan dokumentasi. Untuk mengukur validitas data digunakan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:  I) Kegiatan yang dilakukan dalam manajemen produksi di UD. Lembah Arla Sukoharjo bertujuan untuk  menyediakan  berbagai  produk  mebel  dari  bahan  baku  rotan.  Berikut  ini kegiatan manajemen  produksi  yang  dilakukan  di UD.  Lembah Arta  Sukoharjo antara  Jain  meliputi:  a)  membuat  perencanaan  produksi  yang  terdiri  dari  dua macam, yaitu perencanaan jangka  panjang dan   perencanaan jangka  pendek ,  b) memproses    produksi    sesuai    dengan    perencanaan yang   telah   dibuat, c) pengawasan produksi yang dilakukan dengan sistem Quality Control.  2) Hal-ha! yang  perlu  dipertimbangkan  dalam    proses    produksi  di  UD.  Lembah  Arta Sukoharjo antara lain: a) proyeksi kebutuhan b) perencanaan proses produksi, c) analisa jalur  kritis,  d) pemeliharaan  fasilitas, e) peralatan  produksi ;3)  Proses produksi  mebel yang dilakukan  di UD.  Lembah Arta Sukoharjo meliputi empat tahap atau empat proses sebelum  produk siap untuk didistribusikan antara lain:  a) tahap framing (tahap  rangka), b)  tahap anyam, c)tahap finishing, d)  tahap packing.

Adapun   saran   yang  dapat   diberikan oleh peneliti   berdasarkan   hasil penelitian yang telah dilakukan adalah : I) kepada pimpinan  UD.  Lembah Arla Sukoharjo  yaitu :  a)  memaksimalkan   penggunaan   Website  untuk  keperluan promosi,  b)  rekrutmen  karyawan  tidak  tetap  sebaiknya  ditempatkan  di  bagian yang  tidak memerlukan  ketelitian, c) menghimbau  semua  manajer untuk selalu menumbuhkan motivasi kepada karyawan agar produktifitas meningkat, d) meningkatkan  dan  melanjutkan  kepedulian  terhadap  kesehatan  karyawan ;2) untuk  mengefisiensikan  waktu,  perencanaan  dibuat  satu  kali,  b)  setiap  bagian proses produksi dibuatkan standar quantity atau target agar memudahkan pengawasan, c) dalam hal penataan baban baku supaya lebih dikelola dengan baik dan bekerja sama dengan manajer logistik.

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Santoso, M.Pd.
2. Anton Subarno, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP