Penulis Utama : Kharunia Rezki Akbar
NIM / NIP : H0512069
×

Minyak dimanfaatkan sebagai sumber energi pendukung di dalam pakan karena metode ini merupakan cara yang paling cocok untuk memenuhi kebutuhan  energi  yang  tinggi.  Minyak ikan lemuru merupakan salah satu sumber asam lemak tak jenuh ganda dan vitamin E nya tinggi yang mengandung EPA dan DHA.  Asam  lemak  tak  jenuh  merupakan  asam  lemak  esensial  dan  sangat dibutuhkan  ternak  untuk  proses  fisiologi  dan  biokimia  serta  pembentukan daging. Pemberian asam lemak tak jenuh akan mengalami kendala apabila diberikan secara langsung dalam pakan karena asam lemak  tak jenuh dalam rumen akan mengalami hidrogenasi oleh karena itu perlu dilakukan proteksi. Proteksi asam lemak tak jenuh dilakukan dengan metode penyabunan dalam bentuk sabun asam lemak yang berbentuk kristal dan stabil pada pH netral seperti dalam rumen, namun meleleh pada pH asam seperti dalam usus halus. Dibutuhkan suatu prekusor  yang  dapat  membantu  asam  lemak untuk  masuk  ke dalam  membran  mitokondria yang  nantinya menjadi energi yaitu menggunakan L-carnitin. Penambahan L-carnitin akan membantu minyak ikan  agar dapat berfungsi maksimal dan meningkatkan digestibilitas.
Penelitian ini dilaksanakan tanggal 26 Juli – 10 September 2016 di kandang milik Bapak Miyono yang berlokasi di Desa Madu Kecamatan Mojosongo Boyolali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suplementasi minyak ikan lemuru terproteksi dan L-carnitin dalam ransum basal jerami padi fermentasi terhadap nilai kecernaan sapi perah laktasi. Materi yang digunakan adalah 12 ekor sapi perah laktasi dengan bobot badan ± 400 kg yang ditempatkan pada kandang individu.

 

×
Penulis Utama : Kharunia Rezki Akbar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0512069
Tahun : 2017
Judul : Suplementasi Minyak Ikan Lemuru Terproteksi dan L-Carnitin dalam Ransum terhadap Kecernaan Bahan Kering dan Bahan Organik pada Pakan Sapi Perah Laktasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Produksi Ternak
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Jur. Peternakan-H0512069-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir.Sudibya M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.