Penulis Utama : Dony Khamdan Asyrofi
NIM / NIP : D0211035
×

ABSTRAK

 

Dony Khamdan Asyrofi, D0211035, Iklim Komunikasi Organisasi tehadap Kinerja Karyawan (Studi Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Staf) Sekretariat DPRD Kabupaten Klaten)
    Komunikasi adalah salah satu kebutuhan pokok manusia sebagai makhluk sosial. Komunikasi tersebut bertujuan untuk melangsungkan interaksi sosial, baik antar individu, individu dengan kelompok, maupun antar kelompok. Sedangkan organisasi adalah suatu wadah dimana orang-orang berkumpul karena adanya kesamaan visi dan misi. Iklim komunikasi organisasi merupakan suatu aspek penting dalam organisasi agar berjalan dengan baik.
    Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mengetahui pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja karyawan (staf) Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Klaten. Pemilihan organisasi ini mempertimbangkan bahwa Sekretariat DPRD Kabupaten Klaten merupakan suatu organisasi yang mempunyai peran penting dalam kaitannya membantu pelaksanaan tugas DPRD.
    Untuk mengetahui pengaruh antar dua variabel diatas, peneliti menggunakan metode penelitian penjelasan (explanatory research) dan dengan analisis data secara kuantitatif. Selain kedua variabel diatas, peneliti juga menambahkan tingkat pendidikan sebagai variabel kontrol. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan (staf) aktif Sekretariat DPRD Kabupaten Klaten. Pengambilan sampel dilaksanakan dengan metode disproportionate stratified random sampling dengan pertimbangan bahwa populasi berstrata namun kurang proporsional pembagiannya, dan menghasilkan 32 sampel. Teknik pengambilan data dilaksanakan dengan menyebar kuesioner. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dibuat dalam skala ordinal, kemudian data dianalisis dengan metode kolerasi rank Kendall.
Hasil kolerasi antara iklim komunikasi organisasi dengan kinerja karyawan menunjukan kolerasi sebesar 0,54. Dan menunjukan hubungan positif dan signifikan antara variabel iklim komunikasi organisasi dan kinerja karyawan sebesar 4,5 > 1,96. Sedangkan hasil kolerasi antara tingkat pendidikan dengan kinerja karyawan menunjukan kolerasi sebesar 0,03. Dan menunjukan hubungan positif dan tidak signifikan antara variabel iklim komunikasi organisasi dan kinerja karyawan sebesar 0.25 < 1>

Saran dari penelitian ini adalah diperlukan adanya peningkatan kualitas komunikasi antar karyawan (staf) DPRD kabupaten Klaten, adanya kesadaran diri karyawan (staf) meningkatkan partisipasi, serta diperlukan adanya pelatihan kepada karyawan (staf) tentang penggunaan media baru untuk menunjang kinerja.

 

×
Penulis Utama : Dony Khamdan Asyrofi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211035
Tahun : 2017
Judul : IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TEHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan (Staf) Sekretariat DPRD Kabupaten Klaten)
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS - F. ISIP PROG. ILMU KOMUNIKASI- D0211035 - 2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Sutopo JK., M. S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.