Penulis Utama : Indra Syahrefa
NIM / NIP : D1414028
×

Abstrak

Internet menjadi sebuah media yang sangat berbeda dari bentuk media tradisional lain. Internet memberikan akses secara universal dan hanya dibatasi oleh kemampuan teknologi yang dimiliki. Hal itu membuat perusahaan media memiliki ketertarikan untuk berinvestasi ke dalam teknologi tersebut. Salah satu perusahaan media yang memiliki ketertarikan untuk meningkatkan kualitas konten hiburan melalui online video YouTube adalah PT. Layar Mardi atau Layaria.

Layaria adalah sebuah perusahaan media yang didirikan oleh Dennis Adhiswara di Jakarta sejak tahun 2011 yang berperan sebagai video influencer marketplace, talent consultant dan video production studio.

Dalam melaksanakan Kuliah Kerja Media kali ini, penulis mendapat kesempatan bergabung di Layaria selama 3 bulan dalam Divisi Video Production dengan fokus sebagai Penulis Naskah dalam program feature tips Begini Begitu. Penulis  Naskah  memiliki  peran  penting  khususnya  pada  tahap  pra  produksi. Secara  garis  besar,  tugas  seorang  Penulis  Naskah  adalah  membantu  proses produksi dalam menghasilkan sebuah naskah yang menjadi ide dasar yang diperlukan dalam sebuah produksi program video. Penulis Naskah mempunyai tanggung jawab besar dalam kegiatan produksi program video.

Sebagai salah satu tahap pembelajaran mahasiswa, Kuliah Kerja Media dapat  melatih  kemampuan  mahasiswa  dalam  beradaptasi  dengan  situasi  dunia kerja profesional. Selain itu Kuliah Kerja Media juga mampu meningkatkan kreatifitas  mahasiswa  agar  mampu  menciptakan  inovasi  dan  meningkatkan kualitas program yang akan menjadi konsumsi bagi masyarakat luas. Menjadi seorang Penulis Naskah harus mampu menciptakan dan mengembangkan ide menarik yang mampu memancing perhatian penonton. Penulis Naskah juga harus memiliki pengetahuan yang luas, penguasaan bahasa yang baik, disiplin waktu dan mampu membuat sebuah program terhindar dari rasa bosan penonton. Kuliah Kerja Media memberikan kesempatan untuk penulis merasakan dunia kerja di perusahaan media yang sesungguhnya dan mengetahui proses produksi program video  YouTube.  Penulis  juga  mendapatkan  ilmu  pengetahuan  yang  lebih  luas terkait dengan bidang penyiaran dalam media baru.

(Internet, YouTube, Layaria, Kuliah Kerja Media, Penulis Naskah)

×
Penulis Utama : Indra Syahrefa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1414028
Tahun : 2017
Judul : Peran Penulis Naskah dalam Proses Produksi Program Begini Begitu di Channel Youtube Layariatv
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Penyiaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP Prog. DIII Komunikasi Terapan-D1414028-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Djuminto, S.IP
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.