Penulis Utama : Mochamad Arief Rizki Mauladi
NIM / NIP : H0813107
×

ABSTRAK

Mochamad Arief Rizki Mauladi, H0813107. 2018. Strategi Pengembangan Peternakan Kambing Perah Adilla Goat Farm di Kabupaten Karangayar Dengan Metode AHP. Dibimbing oleh Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si dan Mei Tri Sundari, S.P.,  M.Si Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Adilla Goat Farm merupakan peternakan kambing perah yang memiliki potensi  yang baik  untuk dikembangkan.  Namun  disisi  lain  Adilla Goat  Farm memiliki permasalahan dalam memanfaatkan potensi tersebut. Selain itu, perlu diketahui  juga  kriteria  pendukung  yang  dapat  dijadikan  bahan  pertimbangan dalam penyusunan alternatif strategi dan pemilihan prioritas strategi pengembangan peternakan kambing perah Adilla Goat Farm, sehingga penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui kriteria yang berpengaruh dalam pengembangan, mengetahui alternatif strategi pengembangan, dan menentukan prioritas strategi pengembangan peternakan kambing perah Adilla Goat Farm.
Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitis. Lokasi penelitian yaitu Adilla Goat Farm yang terletak di Desa Jeruk Sawit, Kecamatan Gondang Rejo, Kabupaten Karanganyar dilakukan secara purposive. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Alat analisis data yang digunakan adalah 1.) analisis AHP (Analytical Hierarchy Process) untuk mengetahui kriteria yang berpengaruh dan prioritas strategi yang dapat diterapkan;
2.) analisis SWOT untuk mengetahui alternatif strategi yang dapat diterapkan.
Hasil penelitian menunjukan: 1.) kriteria yang berpengaruh dalam pengembangan peternakan kambing perah Adilla Goat Farm adalah kriteria pakan yang terdiri dari sub kriteria jenis pakan, sumber pakan, dan harga pakan, kriteria pemilihan kambing yang terdiri dari sub kriteria jenis kambing, bentuk tubuh kambing, dan produktivitas susu, kriteria kemudahan beternak, kriteria tenaga kerja yang terdiri dari sub kriteria loyalitas tenaga kerja dan kemampuan tenaga kerja, kriteria lingkungan fisik yang terdiri dari sub kriteria peralatan pemerahan dan kandang, serta kriteria pasar; 2.) Alternatif strategi yang dapat diterapkan terdiri dari membuat agrowisata peternakan kambing perah, melakukan perbaikan pembukuan untuk mengetahui data keuangan maupun peternakan secara keseluruhan, memperbaiki pengaturan kandang agar lebih sesuai standar peternakan kambing perah  yang baik, membuat inovasi produk dengan bahan baku susu kambing yang lebih diminati oleh masyarakat dengan harga yang terjangkau, serta  melakukan rapat berkala dengan tenaga kerja sebagai media evaluasi  usaha;  3.)  Prioritas  strategi  yang  dapat  diterapkan  dalam mengembangkan peternakan kambing perah Adilla Goat Farm adalah membuat inovasi produk dengan bahan baku susu kambing yang lebih diminati oleh masyarakat dengan harga yang terjangkau.

Kata Kunci : Kambing Perah Adilla Goat Farm , Metode Ahp, Karanganyar

 

<!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-ID X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:10.0pt; font-family:"Times New Roman",serif; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Mochamad Arief Rizki Mauladi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0813107
Tahun : 2018
Judul : Strategi Pengembangan Peternakan Kambing Perah Adilla Goat Farm di Kabupaten Karanganyar dengan Metode AHP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : uns - Fak. Pertanian Jur. Agribisnis - H0813107 - 2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si
2. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.