Penulis Utama : Muhammad Hasbi Ash-shiddieqy
NIM / NIP : S831508032
×


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui karakteristik modul Fisika berbasis inkuiri terbimbing; (2) Untuk mengetahui kelayakan modul Fisika berbasis inkuiri terbimbing sebagai media pembelajaran; dan (3) Untuk mengetahui efektifitas modul Fisika berbasis inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan berpikir logis siswa.
Metode penelitian ini adalah R&D yang Borg dan Gall dalam Sugiyono (2010). Data penelitian diperoleh dari ahli, reviewer, peer reviewer, dan siswa SMA dengan teknik pengambilan data berupa wawancara dan angket. Teknik analisis data kualitatif menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman dan tabulasi data mengacu pada kriteria penilaian Azwar. Analisis data menggunakan nilai cut off digunakan untuk menilai kelayakan modul Fisika. Data kemampuan berpikir logis siswa dihitung menggunakan nilai N-Gain ternormalisasi. Sedangkan hasil belajar siswa, rata-rata nilai yang diperoleh dibandingkan dengan KKM.
Hasil penelitian ini, yaitu: (1) Modul Fisika yang dikembangkan memuat sintak inkuiri terbimbing pada setiap kegiatan belajar dan disertai dengan komponen indikator kemampuan berpikir logis. Modul yang dikembangkan terdiri dari 2 buku yang saling berkaitan, yaitu Buku 1 berupa LKS dan Buku 2 berupa Pengayaan; (2) Modul Fisika yang dikembangkan termasuk layak digunakan sebagai media pembelajaran, karena nilai rata-rata keidealan modul sebesar 87,44 % dan nilai batas bawah (cut off score) sebesar 86,71 %. Berdasarkan hasil penilaian validator diketahui bahwa modul yang dikembangkan tersebut tergolong layak, karena berisi materi yang sesuai dengan SK dan KI Kurikulum 2013 hasil revisi Tahun 2017, materi yang mudah dipahami dan tersajikan secara sistematis dan lengkap, bahasa yang digunakan pada modul tersaji secara efisien, efektif, dan sesuai EYD, layout modul disusun secara tepat, mudah digunakan siswa, dan desainnya menarik minat siswa.; (3) kemampuan berpikir logis siswa setelah menggunakan modul Fisika berbasis inkuiri terbimbing mengalami peningkatan dalam kategori sedang dengan N-Gain sebesar 0,45. Selain itu, rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif sebesar 76,67. Hal tersebut menunjukkan bahwa modul Fisika efektif meningkatkan hasil belajar siswa, karena nilai rata-rata yang diperoleh berada di atas KKM.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Hasbi Ash-shiddieqy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831508032
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Modul Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Dinamika Rotasi Dan Kesetimbangan Benda Tegar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Logis Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Pendidikan Sains-S831508032-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dra. Suparmi, M.A., Ph.D
2. Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.