Penulis Utama : Ayu Prilyscia
NIM / NIP : H0712036
×

ABSTRAK

Alih fungsi lahan merupakan suatu fenomena perubahan penggunaan lahan. Perubahan tata guna lahan dan perubahan iklim akan berpengaruh terhadap produktivitas pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa perubahan lahan dan perubahan iklim yang terjadi di Kecamatan Jumantono serta ada tidaknya korelasi alih fungsi lahan dan perubahan iklim terhadap perubahan produktivitas pertanian.

Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Pelaksanaan penelitian pada bulan Maret- Desember 2016. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode analisis datanya adalah analisis korelasi untuk mengetahui korelasi antara penggunaan lahan dari data BPS Kabupaten Karanganyar dan Citra Google Earth terhadap perubahan iklim dan produktivitas lahan di Kecamatan Jumantono. Pengumpulan data sekunder dilakukan di Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karanganyar dan Laboratorium Klimatologi Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan luas penggunaan lahan menurut BPS pada tahun 2006-2007. Pada periode tersebut luas sawah berkurang 1,2 Ha, luas tegalan berkurang 9,0 Ha dan luas pemukiman bertambah 10,2 Ha. Luas padang gembala dan luas lahan lain-lain tetap sejak tahun 2002-2014. Menurut analisis Citra Google Earth periode tahun 2004-2011 luas bangunan bertambah 7,84 Ha, luas tegalan berkurang 4,52 Ha, luas sawah berkurang 3,66, dan luas lahan lain-lain bertambah 0,34 Ha. Sedangkan pada periode tahun 2011-2014 luas bangunan bertambah 4,50 Ha, luas tegalan berkurang 3,80 Ha, luas sawah berkurang 0,98 Ha dan luas lahan lain-lain bertambah 0,28 Ha. Hasil analisis statistik menunjukkan terjadi korelasi yang signifikan antara perubahan penggunaan lahan terhadap perubahan produktivitas lahan. Menurut data BPS perubahan penggunaan lahan sawah, tegalan, dan pemukiman berkorelasi secara signifikkan terhadap produksi singkong dan ubi jalar. Perubahan penggunaan lahan tegalan menurut data citra Google Earth secara signifikan berkorelasi dengan produksi jagung. Sedangkan perubahan penggunaan lahan sawah berkorelasi secara signifikan terhadap produksi singkong dan kacang tanah. Dan perubahan penggunaan lahan lain-lain berkorelasi secara signifikan dengan produksi kacang tanah. Perubahan iklim yang terjadi berkorelasi dengan produktivitas lahan. Dimana perubahan curah hujan berkorelasi secara signifikan dengan produksi singkong dan ubi jalar. Sedangkan perubahan suhu udara berkorelasi secara signifikan dengan produksi padi dan durian.

Kata Kunci: Alih Fungsi Lahan, Parameter Iklim, Produktivitas Laha

×
Penulis Utama : Ayu Prilyscia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0712036
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Alih Fungsi Lahan dan Perubahan Iklim Terhadap Hasil Komoditas Pertanian di Jumantono
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian Pertanian-H0712036-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sutarno, M.Si.
2. Dr.Agr.Sc.Rahayu, S.P., M.P.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.