Penulis Utama : Roy Try Putra
NIM / NIP : A121508051
×

Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:  Untuk  mengetahui  faktor  biomotor  dan
psikomotor yang menentukan kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan.
Metode  penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kuantitatif  dengan menggunakan rancangan  analisis faktor konfirmatori. Data yang telah dikumpulkan akan diolah dan dianalisa menggunakan Program Statistik Komputerisasi dengan sistem SPSS (Statistical Product and Service Solutions) Versi 23 dan menggunakan uji Kaiser- Meyer-Olkin  and  Bartlett’s  Test.   Populasi   dalam  penelitian  ini  adalah   seluruh mahasiswa pembinaan prestasi tenis lapangan FKIP UNS Surakarta yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: faktor biomotor dan psikomotor yang  menentukan  kemampuan  groundstroke  forehand  tenis  lapangan  atau  yang memiliki nilai  komponen faktor  ? ?0,5?adalah: kekuatan  genggaman  dengan  nilai komponen faktor sebesar (0,84), fleksibilitas dengan nilai komponen faktor sebesar (0,34), power otot tungkai dengan nilai komponen faktor sebesar  (0,82), kecepatan dengan nilai komponen faktor sebesar (0,91), daya tahan kardiovaskular dengan nilai komponen faktor sebesar (0,79), kordinasi mata tangan dengan nilai komponen faktor sebesar  (0,50),  kelincahan  dengan  nilai  komponen  faktor  sebesar  (0,79),  Faktor biomotor   dan psikomotor yang kurang dominan penentu kemampuan  groundstroke forehand tenis lapangan adalah keseimbangan (0,37).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: faktor biomotor dan psikomotor yang menentukan kemampuan groundstroke forehand yang paling dominan variabel biomotor adalah kecepatan dengan nilai (0,91) dan variabel psikomotor adalah kelincahan dengan nilai (0,79).


Kata Kunci : Biomotor, Psikomotor, Kemampuan Groundstroke Forehand  Tenis Lapangan

×
Penulis Utama : Roy Try Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121508051
Tahun : 2017
Judul : Faktor biomotor dan psikomotor penentu kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan (analisis faktor dominan penentu kemampuan groundstroke forehand tenis lapangan pada mahasiswa pembinaan prestasi tenis lapangan FKIP UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Keolahragaan-A121508051-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Kiyatno, dr., PFK., M.Or, AIFO
2. Prof. Dr. Siswandari, M.Stats
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.