Penulis Utama : Darwadi Ms
NIM / NIP : S221508017
×

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan pada pelaksanaan dan pencapaian akseptor baru program KB vasektomi di Kecamatan Muara Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu Provinsi Sumatera Selatan. Peningkatan partisipasi pria dalam KB dan kesehatan reproduksi merupakan salah satu isu penting dalam kesehatan reproduksi. Perkembangan teknologi kontrasepsi begitu cepat namun tidak diimbangi dengan peran serta pria untuk ikut berpartisipasi dalam menggunakan kontrasepsi. Program Keluarga Berencana jangka panjang untuk  mencapai keluarga berkualitas berupaya mencapai peningkatan kesetaraan pria dalam ber-KB sehingga terwujudnya peran serta pria dalam ber-KB.Tujuan Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui peran penyuluh dalam penyebaran pesan dan masyarakat dalam penerimaan pesan KB vasektomi.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam tesis ini adalah studi kasus (case study). Subjek penelitian di dalam penelitian ini sebagai komunikator adalah penyuluh KB dan akseptor vasektomi di Kecamatan Muara Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu sebagai komunikan.Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah proses penyebaran dan penyampaian pesan   penyuluh di Kecamatan Muara Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu, penyuluh sebagai komunikator dalam penelitian ini mempunyai kredibilitas, karakteristik serta kompetensi yang baik guna penyebaran pesan program KB vasektomi.Desain  pesan  yang  digunakan  PLKB  pada  penyuluhan  juga mengimplikasikan teori message-design logic. ditemukan bahwa desain pesan penyuluhan   menyerupai desain konvensional dan   menyerupai desain retoric. Desain pesan konvensional adalah penyampaian pesan yang mana di dalamnya terkandung rasa tanggungjawab terhadap pesan yang disampaikan.sedangkan desain pesan menyerupai desain retoric dimana pesan disampaikan secara fleksibel guna menyesuaikan arah dan tujuan  komunikasi  sehingga  pada  akhirnya  mampu  menciptakan  konteks  tertentu didalam proses komunikasi yang berlangsung.   Dalam penerimaan pesan faktor ketokohan merupakan salah satu hal yang sangat menonjol atau berpengaruh dalam keberhasilan untuk meyakinkan agar mau ikut program KB vasektomi dibandingkan dengan penyuluh KB yang memang dalam tugasnya memberikan penyuluhan . dari sembilan  orang  akseptor  dalam  hasil  wawancara  penelitian  mengatakan  ikut  jadi akseptor karena pengaruh kepala desa yang juga merupakan tokoh masyarakat di Kecamatan Muara Jaya
Sebagai saran, diperlukan kerja sama dengan menggandeng publik figur yang berada di tengah-tengah  masyarakat,  yaitu  tokoh  agama  (toga)  dan  tokoh  masyarakat  (toma) dalam mengadakan sosialisasi atau penyuluhan karena mereka lebih mudah melakukan pendekatan epada masyarakat, sehingga diharapkan masyarakat lebih dapat menerima informasi yang disampaikan oleh PLKB melalui opinion leader yang ada (toma dan toga). Kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat baik tokoh formal maupun tokoh informal yang berguna untuk menyebarluaskan informasi pesan dan memberikan motivasi kepada seluruh masyarakat luas mengenai program keluarga berencana khususnya KB vasektomi.


Kata kunci: pesan, komunikator, keluarga berencana,vasektomi

×
Penulis Utama : Darwadi Ms
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S221508017
Tahun : 2017
Judul : Produksi dan penerimaan pesan kb pria (studi kasus produksi dan penerimaan pesan kb vasektomi di kecamatan Muara Jaya kabupaten Ogan Komering Ulu provinsi Sumatera Selatan).
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Komunikasi (Teori dan Penelitian)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Komunikasi-S221508017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D
2. Dr.H. Sutopo JK, M.S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.