Penulis Utama : Fariz Dian Pratama
NIM / NIP : K6413029
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana  penguatan nilai-nilai Pancasila melalui partisipasi Komunitas ICS (Info Cegatan Solo dan sekitarnya) di Kota Surakarta. 2) Apa saja kendala penguatan nilai-nilai Pancasila melalui partisipasi Komunitas ICS (Info Cegatan Solo dan sekitarnya) di Kota Surakarta.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan,  tempat,  peristiwa  dan  dokumen.  Teknik  sampling  yang  digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh  dan  menyusun  data  penelitian  ini  adalah  dengan  wawancara, observasi dan analisis dokumen. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan  trianggulasi  metode. Analisis data menggunakan  model  analisis inte raktif dengan tahap-tahap: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) sajian data, (4) pengambilan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai  berikut:  (1)  tahap  persiapan,  (2)  tahap  pengumpulan  data,  (3)  tahap analisis data, (4) tahap penyusunan laporan penelitian.
Berdasarkan   hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa:   1)   Pelaksanaan penguatan nilai-nilai Pancasila melalui partisipasi Komunitas ICS di Kota Surakarta termasuk dalam jalur sosialisasi Pancasila melalui pengembangan sosial budaya (socio-cultural development) yang dilakukan melalui 4 (empat) kegiatan yaitu kopdar (kopi darat), donor darah, menandai jalan berlubang dan pengkondisian. 2) Pelaksanan penguatan nilai-nilai Pancasila melalui partisipasi Komunitas ICS di  Kota  Surakarta  menemui  3  (tiga)  kendala  yaitu  perbedaan pemikiran, benturan jadwal kegiatan dan perijinan yang lambat.

Kata kunci : Penguatan Nilai-Nilai Pancasila, Partisipasi, Komunitas

×
Penulis Utama : Fariz Dian Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413029
Tahun : 2017
Judul : Penguatan nilai-nilai pancasila melalui partisipasi komunitas ICS ( Info Cegatan Solo dan Sekitarnya ) di kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6413029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wijianto S.Pd.,M.Sc
2. Dr. Winarno S.Pd M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.