Penulis Utama : Ekananta Juni Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S4211018
Tahun : 2016
Judul : Analisis profitabilitas dan kelayakan finansial usaha ternak itik petelur di kabupaten sragen
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prog. Studi Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan-S4211018-2016
Subyek : TERNAK ITIK
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Usaha ternak itik petelur mampu meningkatkan ekonomi pedesaan dan sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat di Kabupaten Sragen. Untuk mengetahui apakah usaha ternak itik petelur mampu menghasilkan profit dan secara finansial layak dijalankan maka menarik untuk dilakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat profitabilitas usaha ternak itik petelur dan (2) Tingkat kelayakan finansial usaha ternak itik petelur.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey, dengan teknik penarikan sampel secara sampling purposive. Data yang digunakan adalah data primer kuesioner sejumlah 150 responden peternak itik petelur di Kabupaten Sragen dan data sekunder meliputi populasi ternak itik petelur dan jumlah peternaknya. Alat analisis yang digunakan adalah menghitung tingkat profitabilitas dan kelayakan finansial dari data kuesioner dengan menggunakan rumus.
Hasil penelitian meunjukkan bahwa usaha ternak itik petelur di Kabupaten Sragen mampu menghasilkan keuntungan yang memadai ditunjukkan dengan indikator Gross Profit Margin (GPM) sebesar 32,72%. Secara finansial layak untuk dilaksanakan ditunjukkan dengan indikator Net Presen Value (NPV) sebesar 39.711.040; Benefit-Cost Ratio (B/C Ratio) sebesar 1,49; Internal Rate of Return (IRR) sebesar 18,52%; Payback Period (PP) selama 2,4 tahun; Break Event Point (BEP) produksi sebesar 63.683 butir dan Break Event Point (BEP) harga sebesar Rp. 1.254,-.
Kata kunci: Usaha itik petelur, Profitabilitas, Kelayakan Finansial

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Dapus.pdf
surat pernyataan Ekananta.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Yunastiti Purwaningsih, MP
2. Dr. Evi Gravitiani, S.E, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana