Penulis Utama : Linda Krisnawati
NIM / NIP : F1115020
×

Abstrak

Tingkat pengangguran yang tinggi pada suatu daerah menunjukkan belum mampunya pemerintah mencapai tujuan pembangunan ekonomi. Tingkat pengangguran di Jawa Tengah tahun 2011-2015 selalu mengalami penurunan tetapi masih berada di bawah rata-rata nasional.
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh jumlah variabel makroekonomi (inflasi, UMK, PDRB) terhadap tingkat pengangguran di Jawa Tengah. Observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Provinsi Jawa Tengah selama tahun 2011-2015. Metode pengumpulan data menggunakan data sekunder yang dipublikasikan oleh BPS, Bank Indonesia, Bappenas dan lembaga lainnya berupa data tingkat penganguran, inflasi, UMK, dan PDRB. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk data panel.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel inflasi dan PDRB memiliki nilai tidak signifikan terhadap tingkat pengangguran di Jawa Tengah. Sedangkan variabel UMK memiliki nilai negatif dan signifikan terhadap tingkat pengangguran di Jawa Tengah. Saran penelitian ini adalah tinggi rendahnya tingkat pengangguran merupakan gambaran kinerja pemerintah dalam mencpai tujuan pembangunan ekonomi. Oleh sebab itu pemerintah harus bisa memaksimalkan kinerja pada faktor-faktor yang mempengaruhi pengangguran.

Kata Kunci : Pengangguran, Inflasi, UMK, PDRB

×
Penulis Utama : Linda Krisnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1115020
Tahun : 2017
Judul : Analisis Pengaruh Variabel Makroekonomi terhadap Pengangguran di Kabupaten/Kota Jawa Tengah Tahun 2011-2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F1115020-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Daerobi M.S.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.