Penulis Utama : Ramdan Muhamad
NIM / NIP : G0014194
×

Latar Belakang: Permasalahan gigi dan mulut yang biasa dialami oleh anak usia sekolah dasar diantaranya adalah gigi berlubang (caries) serta penyakit gusi (periodontal disease). Salah satu faktor risiko yang dapat menyebabkan gigi berlubang pada anak-anak adalah kebiasaan menyikat gigi yang tidak adekuat. Kebiasaan menyikat gigi yang baik dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dapat mengurangi resiko terjadinya karies pada anak. Belum ada cukup bukti yang dapat menunjukkan waktu optimal untuk menyikat gigi. Tingkat kebersihan gigi dinilai dengan Oral Hygiene Index. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur malam dengan tingkat kebersihan gigi siswa SDN Bulukantil.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan metode cross sectional. Penelitian dilakukan di SDN Bulukantil, Jebres Surakarta dengan jumlah subjek 57 siswa kelas 3, 4, dan 5 Sekolah Dasar Negeri Bulukantil. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas adalah kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur malam yang didapatkan dari kuisioner kebiasaan menyikat gigi dan variabel terikat adalah tingkat kebersihan gigi yang diukur dengan Oral Hygiene Index. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik menggunakan uji korelasi Spearman.
Hasil: Terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur malam dengan tingkat kebersihan gigi siswa Sekolah Dasar Negeri Bulukantil dengan p = 0,001. Nilai koefisien korelasi sebesar 0.483 menunjukan korelasi sedang antara dua variabel tersebut dengan arah positif yang berarti semakin sering kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur malam dilakukan akan menyebabkan semakin tingginya tingkat kebersihan gigi siswa SDN Bulukantil.
Simpulan: Kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur malam memiliki hubungan yang signifikan dengan tingkat kebersihan gigi siswa SDN Bulukantil. Siswa yang selalu menyikat gigi sebelum tidur malam memiliki tingkat kebersihan gigi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang kadang-kadang menyikat gigi sebelum tidur malam. Siswa yang kadang-kadang menyikat gigi sebelum tidur malam memiliki tingkat kebersihan gigi yang lebih tinggi dari siswa yang tidak pernah menyikat gigi sebelum tidur malam.

Kata Kunci: kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur malam, tingkat kebersihan gigi, Oral Hygiene Index

×
Penulis Utama : Ramdan Muhamad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014194
Tahun : 2018
Judul : Hubungan kebiasaan menyikat gigi sebelum tidur malam dengan tingkat kebersihan gigi siswa sekolah dasar negeri Bulukantil
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G0014194-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widia Susanti, drg., M.Kes
2. Novianto Adi Nugroho, dr., S.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.