Penulis Utama : Javinaldo Justicetuta
NIM / NIP : E0013236
×

Abstrak
Penelitian hukum ini bertujuan mengetahui pembuktian dakwaan penuntut umum dengan mendengarkan keterangan ahli kehutanan dalam perkara memasuki kawasan hutan lindung dengan peralatan yang dapat menimbulkan kebakaran dan perusakan lingkungan telah sesuai pasal 184 KUHAP dan pertimbangan Hakim memutus perkara berdasar dissenting opinion dalam perkara di bidang kehutanan telah sesuai Pasal 182 ayat (6) jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP.
Penelitian ini adalah penelitian hukum normatif bersifat preskriptif. Pendekatan penulisan dalam penulisan hukum ini adalah Pendekatan Kasus dengan Pendekatan Perundang-undangan. Jenis data sekunder meliputi bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, media cetak, media elektronik, dan internet, teknis analisis yang digunakan adalah metode deduktif.
Hasil  penulisan hukum ini menjelaskan bahwa pembuktian dakwaan oleh Hakim dengan menggunakan keterangan ahli kehutanan telah sesuai Pasal 1 angka 28 KUHAP dan Pasal 184 ayat (1) KUHAP. Kedua, pertimbangan Hakim dalam memutus perkara bidang Kehutanan berdasar pada dissenting opinion atau perbedaan pendapat salah satu Majelis Hakim telah sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada Pasal 182 ayat (6) Jo pasal 193 ayat (1) KUHAP, dibuktikan dengan pengambilan suara terbanyak  (vooting) yang menjadikan dakwaan kedua sebagai dasar pertimbangan Hakim dan menjatuhkan pidana pada terdakwa sesuai apa yang didakwakan.
Kata Kunci: Pembuktian Dakwaan dengan Keterangan Ahli, Pertimbangan Hakim, Perbedaan Pendapat Hakim, Tindak Pidana Kehutanan

 

×
Penulis Utama : Javinaldo Justicetuta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013236
Tahun : 2017
Judul : Upaya Pembuktian Dakwaan Dengan Keterangan Ahli dan Pertimbangan Hakim Memutus Perkara Berdasar Dissenting Opinion dalam Tindak Pidana di Bidang Kehutanan (Studi Putusan Nomor: 74/Pid.Sus/2015/PN.Kag)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0013236-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Edy Herdyanto, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.