Penulis Utama : Dekeng Setyo Budiarto
NIM / NIP : T431108009
×

Sesuai dengan temuan beberapa riset sebelumnya, untuk meningkatkan kinerja
perusahaan diperlukan informasi akuntansi yang sesuai antara kapasitas dengan kebutuhan informasi (Accounting Information System Alignment). Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh keunggulan sistem informasi akuntansi (AIS sophisticated), komitmen pemilik (owner commitment) dan konsultan ahli dari eksternal (external IT expertise) terhadap kesesuaian antara sistem informasi akuntansi  (AIS  alignment)  dengan  kinerja  sistem  informasi  non-  finansial  pada Usaha Kecil.
Riset ini menggunakan data yang diperoleh melalui kuesioner berdasarkan survey.  Kuesioner  diberikan kepada  87 pemilik  usaha  kecil  di  Yogyakarta  yang memanfaatkan teknologi informasi. Kualitas instrumen diuji dengan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda untuk mengetahui  pengaruh  AIS  sophisticated,  owner  commitment  dan  external  IT expertise terhadap AIS alignment dan kinerja sistem informasi non-finansial pada usaha kecil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa AIS sophisticated, owner commitment berpengaruh pada AIS alignment dan kinerja sistem informasi non-finansial, namun external  IT  expertise  tidak  berpengaruh  signifikan  terhadap  AIS  alignment  dan kinerja sistem informasi non-finansial. Selain itu AIS alignment juga berpengaruh terhadap kinerja sistem informasi non-finansial. Terdapat perbedaan persepsi pada kinerja  sistem  informasi  non-finansial  antara  etnis  pribumi  dengan  etnis  China, namun tidak terdapat perbedaan persepsi antara etnis pribumi dengan etnis China pada AIS alignment.

Kata kunci:  keunggulan sistem informasi akuntansi, komitmen pemilik, konsultan ahli  dari  eksternal,  kesesuaian  sistem  informasi  akuntansi,  kinerja sistem informasi non-finansial

×
Penulis Utama : Dekeng Setyo Budiarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T431108009
Tahun : 2017
Judul : Accounting Information System (AIS) alignment, non-financial performance information and ethnicity in small firms (empirical research on small firms in Yogyakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-3 Ilmu Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Akuntansi-T431108009--2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Bandi, MSi, Ak
2. Agung Nur Probohudono, MSi, PhD, Ak, CA
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.