Penulis Utama : Sukiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8112040
Tahun : 2017
Judul : Electric Trolley Crane Dengan Daya Angkat Manual (Rangka)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Tehnik - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Prog.DIII Teknik Mesin-I8112040 -2017
Subyek : TROLLEY
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
 
Electric Trolley Crane dengan daya angkat manual adalah pesawat angkat yang digunakan untuk membantu memindahkan alat–alat atau barang yang sulit diangkat langsung dengan tenaga manusia. Proyek akhir saat ini akan  membahas tentang pembuatan dan perancangan konstruksi rangka pada Electric Trolley Crane dengan daya angkat manual di Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Tujuan dari proyek akhir ini adalah membuat Mesin Electric Trolley Crane dengan daya angkat manual yang didasarkan pada perencanaan kekuatan konstruksi dan juga proses pembuatan komponen serta pengujian mesin tersebut.
Hasil dari Proyek Akhir ini berupa Mesin Electric Trolley Crane dengan daya angkat manual menggunakan Electric Trolley dan Chain Block. Troli elektrik untuk kaitnya menggunakan jenis Kait Tempa Standar. Untuk rantai yang digunakan adalah Rantai jenis lasan, dengan beban 1 ton (1000 KG) kecepatan angkat manual 1 cm/d, efisiensi Hoist 0.9, diperoleh Daya Hoist =110,27 Nm/d = 110,27 watt = 0,147 HP.  
Untuk lintasan/rail Electric Trolley Crane  terintegrasi dengan kerangka besi penopang gedung Laboratorium Motor Bakar Teknik Mesin yang menggunakan besi WF (wide flange iron) model profil-I yang setara dengan besi SS400 atau ASTM A36.
Kata kunci : Trolley, Crane, Besi WF, Wide Flange

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
surat pernyataan Sukiyanto.pdf
cover.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Dapus.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nurul Muhayat S.T., M.T
2. Wibowo, S.T., M.T
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik