Penulis Utama : Naufal Rozadi
NIM / NIP : K2313050
×

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan didukung data kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berdasarkan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan. Prosedur penelitian ini berupa define, design, develop, dan dissemination. Tahap define (pendefinisian) terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan observasi kelas. Tahap design (perancangan) terdiri dari meliputi merencanakan draft modul yang akan dibuat seperti indikator, isi modul, dan cover. Tahap develop (pengembangan) meliputi penyusunan draft modul yang telah direncanakan, selanjutnya divalidasikan ke validator, sebelum  akhirnya diujicobakan ke sekolah dan mendapatkan modul akhir. Tahap dissemination (penyebaran) dengan menyebarkan modul akhir ke sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data telah divalidasi oleh pembimbing. Data hasil penelitiain diperoleh dari hasil validasi validator yang terdiri atas dua dosen ahli dan 3 guru SMA sebagai reviewer, serta responden yang terdiri 12 siswa pada uji coba awal, dan 30 siswa pada uji coba utama pada kelas X yang berasal dari tiga sekolah yang berbeda. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan yakni model interaktif dari Miles dan Huberman, sedangkan data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan penilaian penskoran standar dari Saifudin Azwar yang kemudian dibagi menjadi lima kategori.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan penelitian dapat disimpulkan bahwa: pengembangan modul dimulai dari Tahap define (pendefinisian) terdiri dari analisis kebutuhan, analisis kurikulum, dan observasi kelas. Tahap design (perancangan) terdiri dari meliputi merencanakan draft modul yang akan dibuat seperti indikator, isi modul, dan cover. Tahap develop (pengembangan) meliputi penyusunan draft modul yang telah direncanakan, selanjutnya divalidasikan ke validator, sebelum  akhirnya diujicobakan ke sekolah dan mendapatkan modul akhir. Tahap dissemination (penyebaran) dengan menyebarkan modul akhir ke sekolah yang dijadikan sebagai tempat penelitian, dan hasil uji coba utama menunjukkan modul pembelajaran Fisika berbasis scientific approach dengan materi pokok Gerak Melingkar untuk siswa SMA kelas X yang telah disusun memenuhi kriteria sangat baik.

Kata Kunci : Fisika, Modul, Gerak Melingkar, scientific approach

×
Penulis Utama : Naufal Rozadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2313050
Tahun : 2017
Judul : Penyusunan modul pembelajaran fisika berbasis scientific approach pada materi gerak melingkar untuk siswa SMA kelas X
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Fisika-K2313050-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nonoh Siti Aminah, M.Pd
2. Drs. Pujayanto, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.