Penulis Utama : Sally Rosita Sugiarto
NIM / NIP : G0014214
×

Tujuan penelitian ini adalah: menyusun modul pembelajaran Fisika berbasis scientific approach pada materi Gerak Melingkar untuk siswa SMA kelas X yang memenuhi kriteria baik.
Latar Belakang: Perubahan hormonal dan emosional pada remaja usia Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang tidak stabil akibat belum sempurnanya badan amigdala menyebabkan asupan gizi yang terlalu banyak dan terlalu sedikit selama masa remaja awal. Status gizi mempengaruhi kerja hipofisis dalam menghasilkan Gonadothropine Releasing Hormone (GnRH). GnRH berfungsi untuk menstimulasi hormon-hormon seks lainnya yang mempengaruhi proses ovulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan siklus menstruasi pada anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan metode cross sectional. Penelitian ini dilakukan di SMP Warga Surakarta pada tanggal 5 September hingga 18 September 2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Variabel terikat adalah panjang siklus menstruasi, sedangkan variabel bebas adalah status gizi. Data panjang siklus menstruasi diperoleh melalui angket siklus menstruasi dan wawancara langsung pada responden. Data status gizi seperti berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) didapat melalui pengukuran antropometri. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi statistik dan dianalisis dengan uji normalitas Kormogolov-Smirnof serta uji parametrik Gamma dan Somers’d.

Hasil Penelitian: Sebanyak 94 responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi terdiri dari 84 orang (89,36%). Terdapat hubungan antara status gizi dengan siklus menstruasi pada anak SMP (p<0>

Kesimpulan: Status gizi kurang berhubungan dengan memanjangnya siklus menstruasi pada anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Status gizi berlebih berhubungan dengan memendeknya siklus menstruasi pada anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Kata Kunci: status gizi, siklus menstruasi, siswi SMP, masa remaja awal

×
Penulis Utama : Sally Rosita Sugiarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014214
Tahun : 2017
Judul : Hubungan status gizi dengan siklus menstruasi pada anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G0014214-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hari Wahyu Nugroho, dr., Sp.A(K), M.Kes
2. Sri Lilijanti Widjaja, dr., Sp.A(K)
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.