Penulis Utama : Ani Widosari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T841308001
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan model pembelajaran menulis cerita pengalaman berbasis dise (dialog, scientific, edutainment) bagi siswa sekolah dasar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Bahasa Indonesia-T841308001-2018
Subyek : MODEL PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pembelajaran menulis cerita pengalaman merupakan salah satu pembelajaran yang wajib dilaksanakan guru bagi siswa kelas lima SD.   Saat ini, kemampuan menulis cerita pengalaman siswa kelas 5 SD masih rendah. Penelitian ini penting dilakukan karena model pembelajaran yang ada saat ini belum dapat memenuhi kebutuhan guru dan siswa. Guru kesulitan memilih model pembelajaran, dan siswa kesulitan menulis cerita pengalaman. Tujuan umum penelitian ini, untuk menghasilkan model pembelajaran menulis cerita pengalaman   berbasis DISE bagi siswa SD. Tujuan  khususnya  yaitu: (1)  mendeskripsikan  dan  menjelaskan  kondisi  model  pembelajaran menulis cerita   pengalaman bagi siswa SD selama ini; (2) mendeskripsikan dan menjelaskan kebutuhan  model pembelajaran    menulis cerita  pengalaman yang sesuai dengan guru dan siswa SD; (3) mendeskripsikan dan menjelaskan hasil pengembangan model pembelajaran menulis cerita  pengalaman  berbasis  DISE  bagi  siswa   SD;  (4)  menemukan     keefektifan  model pembelajaran menulis cerita pengalaman berbasis DISE terhadap kemampuan menulis pengalaman bagi siswa SD; dan (5) mendeskripsikandan menjelaskan diseminasi model pembelajaran  menulis cerita pengalaman berbasis DISE bagi siswa SD.
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Ada empat langkah yaitu: (1) tahap eksplorasi; (2) tahap pengembangan model; (3) tahap pengujian model; dan (4) tahap diseminasi dan implementasi model. Tahap eksplorasi dilakukan dengan mengobservasi pembelajaran menulis cerita pengalaman di 14 SD dan hasil-hasil penelitian yang relevan, tahap pengembangan meliputi uji coba terbatas dan uji coba luas, tahap pengujian model menggunakan tes,   dan tahap diseminasi melalui publikasi ilmiah dan workshop. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) wawancara; (2) observasi; (3) dokumentasi; dan (4) tes.
Penelitian ini menemukan bahwa pembelajaran menulis cerita pengalaman selama ini belum dapat memenuhi kebutuhan guru dan siswa. Kesulitan yang ditemui siswa antara lain: (1) kesulitan dalam mengembangkan kalimat dalam cerita; (2) menemukan ide dalam bercerita;  (3) masih rendahnya kemampuan tentang tata tulis; (4) kreativitas siswa belum optimal, (5) penulisan dan pengembangan cerita masih belum sesuai dengan Ejaan Bahasa Indonesia. Kebutuhan guru terkait dengan model pembelajaran selama ini,  guru belum memahami dan menerapkan model pembelajaran secara baik. Guru merasa kesulitan dan bingung menentukan model pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran menulis cerita pengalaman. Produk model pembelajaran yang dikembangkan   yaitu   model   DISE.   Model   DISE,   akronim   dari   Dialog,   Scientific,   dan Edutainment. Model pembelajaran DISE  ini lebih menarik dan menyenangkan  dibandingkan model yang saat ini biasa digunakan. Model DISE ini tepat untuk pembelajaran menulis cerita pengalaman dan dapat memenuhi kebutuhan guru dan siswa.  Dari hasil penilaian pakar, model DISE  ini  tepat  untuk  pembelajaran  menulis  cerita  pengalaman  bagi  siswa  SD  dan  dapat memenuhi kebutuhan guru dan siswa. Hasil uji keefektifan, diketahui bahwa ada pengaruh model DISE terhadap kemampuan menulis pengalaman bagi siswa SD. Model DISE lebih baik dan efektif secara signifikan daripada model pembelajaran yang saat ini digunakan.

Kata kunci: model, DISE, menulis

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : 202003031742161005.jpg
HALAMAN JUDUL ANI.pdf
Bab 1 Ani W.pdf
Bab 2 Ani W.pdf
Bab 3 Ani W.pdf
Bab 4 Ani Widosari.pdf
Bab 5 Ani W.pdf
Daftar Pustaka Ani W.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd
2. Prof. Dr. St.Y. Slamet, M.Pd
3. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana