Penulis Utama : Ivan Bagas Yudha Fahrezy
NIM / NIP : B0215029
×

Abstrak
Penelitian ini meliputi dua rumusan yaitu; (i) Bagaimanakah realisasi tindak tutur ekspresif dalam komentar dewan juri Indonesian Idol Junior 2018 musim ketiga di RCTI? (ii) Bagaimanakah realisasi strategi kesantunan dalam tindak tutur ekspresif pada komentar dewan juri Indonesian Idol Junior 2018 musim ketiga di RCTI? Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan realisasi tindak tutur ekspresif dalam komentar dewan juri Indonesian Idol Junior 2018 musim ketiga di RCTI serta realisasi strategi kesantunan dalam tindak tutur ekspresif pada komentar dewan juri Indonesian Idol Junior 2018 musim ketiga di RCTI.
Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa dialog dalam audisi 1-4  IJJ tahun 2018 musim ketiga di RCTI yang diunggah melalui youtube pada 31 Agustus – 31 September 2018. Penyediaan data dilakukan dengan metode simak yang kemudian dilanjutkan dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat seluruh dialog yang mengandung tindak tutur ekspresif serta strategi kesantunan. Kemudian pada tahap teknik analisis data menggunakan metode kontekstual, motode cara tujuan dan metode heuristik. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini, yaitu metode penyajian informal.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti menemukan dua simpulan yaitu mengenai (i) realisasi tindak tutur ekspresif dalam komentar dewan juri Indonesian Idol Junior 2018 musim ketiga di RCTI meliputi; tindak tutur memuji, menyambut, berterima kasih, menyayangkan, menyanggah, mengucapkan selamat, mengkritik, dan meminta maaf, kemudian pada (ii) realisasi strategi kesantunan dalam tindak tutur ekspresif pada komentar dewan juri Indonesian Idol Junior 2018 musim ketiga di RCTI meliputi strategi tanpa basa-basi (bald on record), kesantunan positif, kesantunan negatif, dan strategi samar-samar (off record).

Kata kunci: Tindak tutur ekspresif, strategi kesantunan, Indonesian Idol Junior

×
Penulis Utama : Ivan Bagas Yudha Fahrezy
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215029
Tahun : 2020
Judul : Tindak tutur ekspresif dan strategi kesantunan pada komentar dewan juri terhadap peserta Indonesian Idol Junior 2018 musim ketiga di Rcti
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Program Studi Sastra Indonesia -B0215029-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chattri Sigit Widyastuti, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.