Penulis Utama : Septiana Nugraheni
NIM / NIP : K5413061
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan  peningkatan hasil belajar peserta didik melalui penerapan teknik Inside-Outside Circle pada materi pokok Persebaran Flora dan Fauna berdasarkan Karakteristik Ekosistem dan Region Iklim di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.
    Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, angket, tes, dan kajian dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis kritis dan analisis deskriptif komparatif.
    Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan tenik Inside-Outside Circle pada materi pokok Persebaran Flora dan Fauna berdasarkan Karakteristik Ekosistem dan Region Iklim di kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018, dapat memaksimalkan proses pembelajaran pada Siklus II, dan  dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Siklus II dengan persentase hasil belajar kompetensi pengetahuan sebesar 92%, hasil belajar kompetensi sikap sebesar 84%, dan hasil belajar kompetensi keterampilan sebesar 88% peserta didik memeroleh nilai di atas KKM.
Kata Kunci    : Inside-Outside Circle, proses pembelajaran, hasil belajar

×
Penulis Utama : Septiana Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5413061
Tahun : 2018
Judul : Penerapan teknik inside-outside circle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI IIS 2 SMA Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 (materi pokok persebaran flora dan fauna berdasarkan karakteristik ekosistem dan region iklim)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Geografi-K5413061-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd
2. Dra. Inna Prihartini, M. S
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.