Penulis Utama : Yuniar Rachmad
NIM / NIP : S981308010
×

Latar Belakang : Kontrol perdarahan yang tidak adekuat sering diasosiasikan dengan efek samping yang merugikan. Hemostasis yang optimal terjadi bila pada operasi dilakukan kontrol sumber perdarahan dengan baik dan sistem koagulasi pasien bekerja secara efektif dapat menutup sumber perdarahan mikrovaskular. Pemilihan agen hemostatis yang baik diharapkan dapat memfasilitasi hemostasis intraoperatif dan selanjutnya akan dapat memperbaiki hasil akhir pasien. Kombinasi antara etamsylate dan asam traneksamat yang bekerja melalui jalur yang berbeda tampaknya dapat meningkatkan keberhasilan reduksi waktu perdarahan
Tujuan Penelitian : Mengetahui perbedaan agen hemostatik antara  asam traneksamat dan etamsylate atau dengan kombinasi  dalam memberikan efek hemostatik yang adekuat pada kasus perdarahan yang disebabkan operasi sedang.
Metode : Penelitian eksperimental dengan pendekatan uji klnis dengan rancangan penelitian pre dan post tindakan. Terdapat 33 subyek penelitian pasien ASA I dan II yang menjalani operasi sedang. Setelah dilakukan randomisasi dilakukan pemeriksaan Bleeding Time sebelum dan sesudah tindakan yang telah diberi perlakuan 30 menit sebelum tindakan.. Penelitian ini menggunakan  tes analitik komparatif numerik dengan skala ordinal dilanjutkan dengan uji statistik mengunakan non parametrik Kruskal-Wallis .
Hasil : Selisih Bleeding Time sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok Asam traneksamat mengalami penurunan rata-rata -0.05 +0.57 menit, kelompok Etamsylate mengalami penurunan rata-rata -0.73 +1.95 menit, dan kelompok kombinasi Etamsylate+ Asam Traneksamat mengalami penurunan rata-rata -1.14+2.20 menit, nilai p=0,501 (p>0,05).
Kesimpulan : Kombinasi antara etamsylate dan asam traneksamat yang bekerja melalui jalur yang berbeda dapat meningkatkan keberhasilan reduksi waktu perdarahan pasca operasi sedang dibandingkan dengan hanya melalui terapi Asam traneksamat saja akan tetapi secara statistik tidak menunjukan perbedaan yang signifikan (p=0,501).

Kata Kunci : Hemostasis, Etamsylate, Asam Traneksamat

×
Penulis Utama : Yuniar Rachmad
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S981308010
Tahun : 2018
Judul : Efek pemakaian asam traneksamat , etamsylate dan kombinasi terhadap profil waktu perdarahan pada operasi sedang
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : PPDS Anestesi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Anestesiologi dan Terapi Intensif-S981308010-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. DR. dr. Purwoko SpAn KAKV KAO
2. dr. M. Husni Thamrin SpAn Mkes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.