Penulis Utama : Nathania Olga Br Nababan
NIM / NIP : S311608010
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah untuk mewujudkan konsep Zero waste di Kota Surakarta dan pengaturan sampah untuk mewujudkan konsep zero waste di Kota Surakarta.
    Penelitian ini merupakan penelitian normatif yang bersifat perspektif dengan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder berupa bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan bahan hukum dengan studi kepustakaan dan dianalisis dengan menggunakan logika deduktif dengan mengajukan premis mayor dan premis minor kemudian menarik kesimpulan.
    Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menujukkan bahwa Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah belum sepenuhnya mengadopsi tentang konsep zero waste. Selain itu belum ada Peraturan Walikota tentang pengelolaan sampah sebagai petunujuk pelaksana Peraturan Daerah yang membuat pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 3 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Samoah belum dilaksanakan dengan maksimal. Model ideal pengelolaan sampah dalam mewujudkan konsep zero waste di Kota Surakarta saat ini adalah Sanitary Landfill. Sistem tersebut memberikan dampak positif antara lain sampah tidak berserakan, tidak menimbulkan bau, tidak menjadi sumber penyakit, serta meninggikan tempat rendah (TPA) sehingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lain. Landfilling adalah pilihan terakhir yang merupakan pilihan yang tidak lebih baik atau bahkan lebih buruk dibandingkan insinerasi. Pemerintah pusat menunjuk Kota Surakarta sebagai salah satu pilot project dalam pengelolaan sampah menjadi sumber energi listrik.

Kata Kunci : Model ideal, pengelolaan sampah, Konsep Zero  waste

×
Penulis Utama : Nathania Olga Br Nababan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S311608010
Tahun : 2017
Judul : Model ideal pengelolaan sampah untuk mewujudkan konsep zero waste di kota Surakarta (studi atas peraturan daerah kota Surakarta nomor 3 tahun 2010 tentang pengelolaan sampah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-2 Ilmu Hukum (Hukum Kebijakan Publik)
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Hukum-S311608010-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. I Gusti Ayu Ketut H, S.H., M.M.
2. Dr. Lego Karjoko. S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.