Penulis Utama : Adnandaka Nurvigya
NIM / NIP : E0012009
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengkaji dan menjawab permasalahan mengenai Kesesuaian dasar permohonan Kasasi Oditur Militer terhadap putusan Judex Factie menjatuhkan pidana tidak sesuai tuntutan dengan Pasal 239 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1997 dan Kesesuaian Pertimbangan Mahkamah Agung mengabulkan permohonan Kasasi Oditur Militer dalam memutus perkara narkotika dengan Pasal 234 jo Pasal 189 ayat (1).
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif dengan sifat penelitian yang preskriptif dan terapan, menggunakan metode pendekatan kasus. Sumber penelitian dari bahan hokum primer dan sekunder dan teknik pengumpulan bahan hukum dengan cara studi pustaka. Teknik Analisis yang digunakan adalah metode silogisme yang menggunakan pola berpikir deduktif
Pengajuan permohonan Kasasi pada perkara narkotika ini telah memenuhi ketentuan Pasal 239 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1997, bahwa judex facti tidak cermat dalam memeriksa dan memutus perkara telah mengabaikan hukum pembuktian yang menyebabkan salah menerapkan hukum, judex factie tidak mempertimbangkan dua alat bukti surat hasil tes urine Terdakwa yang pertama dan kedua saling bertentangan. Hal ini menunjukkan judex factie tidak cermat sehingga seharusnya Terdakwa tidak terbukti bersalah menyalahgunakan narkotika bagi diri sendiri. Pertimbangan Mahkamah Agung dalam mengabulkan permohonan Kasasi Oditur Militer, membatalkan putusan yang dimintakan Kasasi, mengadili sendiri menyatakan Terdakwa tidakterbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sesuai dakwaan Oditur Militer dan membebaskan Terdakwa telah sesuai Pasal 243 joPasal 189 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1997.
Kata Kunci: Kasasi, Oditur Militer, Narkotika

 

×
Penulis Utama : Adnandaka Nurvigya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0012009
Tahun : 2016
Judul : Alasan Kasasi Oditur Militer terhadap Putusan Judex Factie Menjatuhkan Pidana Tidak Sesuai Tuntutan dan Pertimbangan Mahkamah Agung Memutus Perkara Narkotika (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 312 K/MIL/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Hukum Jur. Ilmu Hukum-E0012009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Wahyuningsih Yulianti, SH, MH.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.