Penulis Utama : Rika Astuti Kusuma Wardani
NIM / NIP : K4313060
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) literasi lingkungan siswa SMA Negeri 2 Karanganyar; (2) pembelajaran Biologi pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah di SMA Negeri 2 Karanganyar.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas X, XI dan XII IPA SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2016 / 2017, dipilih secara purposive. Literasi lingkungan diukur melalui tiga komponen, yaitu knowledge, attitude dan concern. Data penelitian diperoleh melalui angket, observasi pembelajaran Biologi materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah di kelas, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif untuk angket literasi lingkungan dan teknik analisis kualitatif untuk wawancara dan observasi. Teknik validitas data menggunakan validasi isi dan validasi konstruk.
Hasil  penelitian  angket  literasi  lingkungan  menunjukkan  bahwa  80% knowledge siswa termasuk kategori inadequate dan sisanya tergolong adequate. Nilai rata-rata attitude adalah 46.42. Rata-rata concern berada pada rentang 2.58 sampai 4.18. Literasi lingkungan yang belum tinggi disebabkan karena siswa tidak memahami materi pembelajaran, guru mengajarkan materi sebatas teori dan konsep, isi materi dalam RPP dan yang disampaikan oleh guru belum memenuhi komponen  literasi  lingkungan  serta sekolah  belum  mengintegrasikan pembelajaran lingkungan melalui kurikulum.

Kata Kunci : literasi lingkungan, siswa, SMA, pembelajaran Biologi

×
Penulis Utama : Rika Astuti Kusuma Wardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313060
Tahun : 2017
Judul : Analisis Literasi Lingkungan Siswa SMA dan Proses Pembelajaran Biologi Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Biologi-K4313060-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D.
2. Murni Ramli, S.P., M.Si., Ed.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.