Penulis Utama : Iswara Adi Narendra
NIM / NIP : F0216043
×

Persediaan adalah aset bagi keberhasilan dan kesejahteraan finansial suatu perusahaan. Penelitian ini merupakan studi kasus untuk menghasilkan alur perencanaan persediaan guna mengurangi risiko kelebihan dan kekurangan bahan baku. Penelitian dilakukan pada sebuah Kedai Kopi di Kota Surakarta. Metode penelitian dilakukan dengan agregasi 4 menu kopi dengan permintaan tertinggi serta bahan baku yang sering terpakai,  plot data permintaan agregat famili produk kopi, lalu meramalkan permintaan aktual menu kopi sesuai pola data historis permintaan agregat famili produk kopi, selanjutnya disagregasi dengan proporsi masing-masing menu kopi, dan menghitung jumlah kebutuhan bersih setiap bahan baku kopi berdasarkan struktur produk. Penyusunan tabel Material Requirement Planning (MRP) dilakukan berdasarkan 2 metode lot sizing, yaitu Lot for Lot dan Part Period Balancing (PPB) untuk menentukan ukuran lot yang akan dipakai sebagai perencanaan pembelian bahan baku.
Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa metode peramalan  yang dapat direkomendasikan berdasarkan nilai Mean Squared Error (MSE) terkecil adalah metode Exponential Smoothing Alpha 0,1. Dengan melihat struktur produk, biaya penyimpanan, biaya pemesanan dan biaya penyiapan bahan baku, kemudian dilakukan perbandingan total biaya persediaan masing-masing bahan baku antara metode Lot for Lot, Part Period Balancing (PPB) dan metode yang telah dilakukan Kedai Kopi. Analisa data pada 2 metode tersebut menghasilkan total biaya persediaan paling minimum untuk setiap bahan baku kopi, yaitu Kopi Arabika Gayo Single Origin dibeli sejumlah 3.270 gram dengan metode Lot for Lot, Kopi Arabika Gayo House Blend dibeli sejumlah 5.652,5 gram dengan metode Lot for Lot, Kopi Robusta Temanggung dibeli sejumlah 1.928,5 gram dengan metode Lot for Lot, Kopi Robusta Ijen dibeli sejumlah 3.724 gram dengan metode Lot for Lot, Air Mineral CL dibeli sejumlah 24.390 Ml dengan metode Lot for Lot, Susu Segar GF dibeli sejumlah 40.800 Ml dengan metode PPB, Susu Kental Manis CAR dibeli sejumlah 21.745 Ml dengan metode PPB, Gula Cair dibeli sejumlah 4.100 Ml dengan metode Lot for Lot, Paper Filter dibeli sejumlah 218 lembar dengan metode Lot for Lot, Karamel MA dibeli sejumlah 3.045 Ml dengan metode Lot for Lot.</p>

Kata Kunci: </strong>Agregasi, peramalan,  disagregasi, MRP</p>

 </p>

×
Penulis Utama : Iswara Adi Narendra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0216043
Tahun : 2020
Judul : Analisis Perencanaan Persediaan Bahan Baku Kopi dengan Metode Material Requirement Planning (MRP) (Studi pada Sebuah Kedai Kopi di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2020
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ekonomi dan Bisnis-Jur. Manajemen-F0216043 -2019
Kata Kunci : Agregasi, peramalan, disagregasi, MRP
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reza Rahardian,SE., M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.