Penulis Utama : Zayyana Fatati Azizah
NIM / NIP : K4313076
×

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan dan keefektifan  perangkat  Subject  Specific  Pedagogy  berbasis  perancangan  projek yang dikembangkan untuk menguatkan literasi lingkungan siswa SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development). Desain penelitian menggunakan model 4-D oleh Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi  model  3-D  terdiri  dari  tahap  define,  design  dan  develop.  Tahap disseminate tidak disertakan karena penelitian hanya sampai pada tahap pengembangan SSP berbasis PjBL. Karakteristik SSP berbasis PjBL yang dikembangkan terletak pada integrasi NEP pada tahapan pembelajaran berbasis perancangan projek yang terbatas pada bab perubahan dan pelestarian lingkungan hidup.
Subjek penelitian diambil secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket knowledge, NEP (attitude), dan concern   untuk analisis kebutuhan, validasi ahli, dan tanggapan siswa terhadap modul dan LKS; lembar observasi untuk analisis karakteristik siswa dan keterlaksanaan sintaks; wawancara untuk analisis kebutuhan, tanggapan siswa terhadap pembelajaran lingkungan saat uji coba lapangan; dan dokumentasi perangkat pembelajaran untuk analisis kebutuhan. Data yang diuji validitasnya adalah angket knowledge dan produk SSP. Analisis data dilakukan dengan mengolah  angket  lembar  validasi  ahli  menggunakan  persentase  serta  angket literasi lingkungan siswa menggunakan independent sample t test dengan bantuan SPSS 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa SSP berbasis PjBL dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas X MIPA 9 SMA Negeri 1 Surakarta pada materi perubahan dan pelestarian lingkungan hidup. Penggunaan perangkat SSP berbasis PjBL dalam pembelajaran lingkungan di kelas efektif menguatkan literasi  lingkungan  siswa  pada  materi  perubahan  dan  pelestarian  lingkungan hidup, yang ditunjukkan dengan kenaikan skor  knowledge, NEP, dan concern awal sebesar 10,6, 49,1, 54,2 menjadi 11,5, 52,8, 58,3. Hasil uji independent sample t test menunjukkan nilai sig. knowledge 0,045; nilai sig. attitude 0,000; nilai sig. concern 0,000, yang bermakna ada perbedaan hasil angket literasi lingkungan awal dan akhir penelitian siswa.

Kata Kunci : literasi lingkungan, pedagogi spesifik, perancangan projek

×
Penulis Utama : Zayyana Fatati Azizah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313076
Tahun : 2017
Judul : Penguatan Literasi Lingkungan Siswa SMA melalui Pengembangan Pedagogi Spesifik Berbasis Perancangan Projek
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Biologi-K4313076-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Puguh Karyanto, S.Si., M.Si., Ph.D.
2. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.