Penulis Utama : Sri Wahyuni
NIM / NIP : I8216022
×

Abstrak

Simpang Tiga Tak Bersinyal Jalan Kapten Abdul Latief – Jalan Tentara Pelajar Kabupaten Sukoharjo termasuk kawasan komersial sehingga memiliki lalu lintas yang ramai. Wilayah simpang Tiga Tak Bersinyal Jalan Kapten Abdul Latief – Jalan Tentara Pelajar Kabupaten Sukoharjo ini disebut daerah komersial karena banyak terdapat pertokoan dan tempat usaha lainnya. Banyaknya arus kendaraan yang melintasi simpang tersebut dari arah Utara menuju Pusat Kota maupun sebaliknya yang menyebabkan tingkat derajat kejenuhan sangat tinggi (DS) , kondisi yang terjadi di atas menyebabkan kemacetan pada simpang tersebut. Untuk meningkatkan kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Jalan Kapten Abdul Latief – Jalan Tentara Pelajar Kabupaten Sukoharjo, maka diperlukan analisis simpang yang meliputi kapasitas simpang, tingkat derajat kejenuhan (DS), tundaan simpang, panjang antrian.
Cara penelitian yang dilakukan adalah dengan melakukan survei di lapangan untuk mendapatkan data primer di lapangan dan mengumpulkan data sekunder dari beberapa instansi yang kemudian diolah dengan acuan Manual Kapasitas Jalan Indonesian (MKJI 1997). Survei yang dilakukan yaitu survei pendahuluan, survei geometrik dan survei arus lalu lintas. Survei tersebut digunakan untuk mengetahui tingkat kinerja jalan pada simpang tersebut menurut Manual Kapasitas Jalan Indonesian(MKJI 1997).
Dari hasil perhitungan kinerja simpang tersebut pada kondisi eksisting memiliki DS = 0,98 (jam puncak pagi) ; Kapasitas simpang = 2317,77 smp/jam (jam puncak pagi). Perbaikan yang dilakukan menggunakan data arus pada jam puncak pagi. Perbaikan dilakukan yaitu dengan pemasangan Traffic Light dengan sinyal 3 fase dengan waktu siklus 68 detik. Kinerja simpang setelah didesain ulang, menghasilkan DS pendekat Utara = 0,77; DS pendekat Selatan = 0,77; DS pendekat Barat = 0,77 ; Panjang antrian = 91,1 m dan Tundaan = 29,73 det/smp. Biaya untuk perbaikan simpang sebesar Rp. 295.375.000,00 dengan waktu pelaksanaan selama 3 minggu.
Kata kunci : MKJI 1997, Kinerja, Simpang tak bersinyal, Simpang Bersinyal

×
Penulis Utama : Sri Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8216022
Tahun : 2019
Judul : Evaluasi Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Jalan Kapten Abdul Latief-Jalan Tentara Pelajar, Toriyo, Bendosari, Sukoharjo Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Transportasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. F. Teknik Prog. Studi DIII Teknik Sipil-I8216022-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono.,M.T.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.