Penulis Utama : Indaryati Yuniarsih
NIM / NIP : F3114035
×

ABSTRAK

STRATEGI MENINGKATKAN VOLUME BONGKAR MUAT PADA
PT PELINDO III CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG

INDARYATI YUNIARSIH
NIM F3114035


    Perkembangan aktivitas perdagangan dan lalu lintas angkutan laut saat ini menuntut pelabuhan dalam meningkatkan kualitas peran dan fungsinya sebagai terminal point bagi barang dan kapal termasuk PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang sebagai penyedia jasa kepelabuhanan. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan kualitas pelayanan jasa kepelabuhanan terutama dalam proses penanganan bongkar muat untuk meningkatkan produktivitas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi pangsa pasar bongkar muat PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang dengan mengamati produktivitas bongkar muat selama periode 2014-2016, dan mengidentifikasi faktor–faktor yang menyebabkan penurunan produktivitas bongkar muat. Melalui simulasi yang dilakukan akan diketahui posisi pangsa pasar bongkar muat PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang, faktor-faktor yang menyebabkan penurunan volume bongkar muat, serta menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan volume bongkar muat.
Teknik analisis data yang digunakan oleh penulis berupa analisis data  sebab akibat menggunakan diagram fishbone. Data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Langkah terakhir yang dilakukan adalah membuat analisis SWOT, dan mensimulasikan data peralatan bongkar muat berdasarkan studi kasus yang dihitung menggunakan rumus implikasi kinerja operasi dan perawatan alat untuk mengetahui tingkat availability, reliability, dan maintainability.
Hasil dari penelitian ini adalah posisi pangsa pasar bongkar muat PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang berkedudukan sebagai Market Chalengger atau pesaing pasar. Dengan tersedianya 6 unit alat bongkar muat PT Pelindo III cabang Tanjung Emas Semarang  memiliki tingkat availability alat sebesar 92,5% dan tingkat reliability serta maintainability sebesar 37 jam dan 3 jam. Faktor–faktor yang mempengaruhi penurunan volume bongkar muat pada PT Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang antara lain sistem pemasaran dengan strategi promosi yang masih sederhana, kurangnya jumlah alat bongkar muat serta kualitas pelayanan bongkar muat yang kurang maksimal. Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan volume bongkar muat antara lain dengan melakukan inovasi pada strategi promosi, penambahan kuantitas dan perbaikan kualitas peralatan bongkar muat, serta perbaikan kualitas pelayanan bongkar muat.

Kata Kunci: Bongkar Muat, Pangsa Pasar, Peralatan Bongkar Muat

 

×
Penulis Utama : Indaryati Yuniarsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3114035
Tahun : 2017
Judul : STRATEGI MENINGKATKAN VOLUME BONGKAR MUAT PADA PT PELINDO III CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. EKONOMI DAN BISNIS - 2017
Program Studi : D-3 Bisnis Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. EKONOMI DAN BISNIS DIII MANAJEMEN PERDAGANGAN- F3114035 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dewi Ismoyowati S.E., M.Ec. Dev.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.