Penulis Utama : Meli Anta Alvita
NIM / NIP : I0113077
×

Evaluasi gedung tahan gempa berbasis kinerja di Indonesia sangat penting karena   sebagian besar wilayah Indonesia rawan terhadap gempa. Salah satu sarana untuk mengevaluasi kinerja seismik struktur gedung adalah analisis Pushover. Prosedur analisis Pushover yaitu dengan memberikan pola beban lateral yang ditingkatkan secara bertahap sampai target perpindahan tercapai. Pada penelitian ini dilakukan evaluasi kinerja seismik pada gedung Rusunawa Cilacap dengan kelas situs tanah sedang.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kemungkinan terjadinya tingkat kerusakan struktur untuk berbagai intensitas gerakan tanah yang dapat digambarkan oleh kurva kerapuhan. Untuk membangun kurva kerapuhan yaitu dengan mengolah kurva kapasitas yang didapatkan   dari   analisis   Pushover.   Kurva   kapasitas   dikonversi   dalam   format   ADRS (Acceleration  Displacement  Response  Spectrum)  menjadi  spektrum  kapasitas  untuk mendapatkan nilai spectra median displacement yang digunakan sebagai penentu nilai batas kondisi kerusakan tertentu. Penelitian ini menggunakan prosedur Hazus-MH MR5 untuk mengklasifikasikan tingkat kerusakan bangunan menjadi empat kondisi kerusakan diskrit yaitu slight damage, moderate damage, extensive damage, dan complete damage. Hubungan probabilitas dengan empat parameter demand tersebut digambarkan dalam kurva kerapuhan.

Hasil analisis kurva kerapuhan gedung Rusunawa Cilacap memiliki probabilitas kerusakan struktur slight sebesar 100%, moderate sebesar 100%, extensive sebesar 45,77% dan complete sebesar 34,15%. Dilihat dari kurva kerapuhan seismik Rusunawa Cilacap dapat dikatakan sangat besar kemungkinan terjadi  kerusakan  slight  dan  moderate  akibat  gempa di  daerah  Cilacap. Sehingga dicoba memodelkan bangunan tanpa memasukkan beban water tank yang ada di atap menghasilkan probabilitas yang lebih baik  yaitu pada percepatan tanah di wilayah Cilacap 0,42 g, probabilitas kerusakan bangunan slight sebesar 99,94%, moderate sebesar 99,28%, extensive sebesar 42,40% dan complete sebesar 33,79%.

Kata  kunci  :  Evaluasi  Kinerja  Seismik,  Kurva  Kerapuhan,  Spektrum Kapasitas,  Analisis  Pushover

×
Penulis Utama : Meli Anta Alvita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113077
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi kinerja seismik rusunawa cilacap dengan kurva kerapuhan berbasis analisis pushover
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0113077-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Senot Sangadji, S.T., M.T
2. Edy Purwanto, S.T., M.T
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.